Canva for Education merupakan fitur tambahan untuk pembelajaran dari Canva yang bisa membangun kelas kreatif dan kolaboratif bagi Peserta Didik. Peserta didik saat ini merupakan sosok digital native, mereka sudah terbiasa hidup dekat dengan perangkat digital (Churiyah, Sholikhan, Filianti, & Sakdiyyah, 2020; Kolikant, 2010). Guru maupun dosen sebagai fasilitator pembelajaran harus mampu memberikan tool pembelajaran berbasis digital yang sesuai dengan karakteristik mereka sehingga mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajarnya (Yang, 2020). Di sisi lain World Economic Forum (WEF) pada akhir tahun 2020 telah mengeluarkan laporan bahwa salah satu skill paling penting yang harus dimiliki di era masa depan adalah creativity (Whiting, 2020).
Berdasarkan paparan tersebut dibutuhkan tool pembelajaran yang mampu mendukung hal tersebut. Tool yang dimaksud haruslah bersifat: penggunaannya mudah, berbasis cloud, tidak membutuhkan spesifikasi perangkat (pc maupun gawai) yang tinggi, serta memberikan akses premium gratis untuk pendidik maupun peserta didik.
Canva for Education merupakan platform pada gawai sekaligus terdapat versi website yang dengan mudah menjembatani pendidik dalam merancang berbagai jenis media dan multimedia pembelajaran kreatif secara online (Canva, 2020).
Atas dasar hal tersebut, High Tech Teacher Indonesia akan mengadakan sebuah event yang sangat menarik bertajuk “Membangun Kelas Kreatif dan Kolaboratif untuk Peserta Didik Digital Native Melalui Canva for Education” yang akan diselenggarakan pada:
Pertemuan 1 : Jumat, 26 November 2021
: 15.30 – 17.30
Pertemuan 2 : Minggu, 28 November 2021
: 9.30 – 12.00
Pertemuan 3: Jumat, 3 Desember 2021
: 15.30 – 17.30
Zoom Meeting, Grup WhatsApp dan Kelas Google Classroom
Pemateri : Lovandri Dwanda Putra, Filianti, dan Pipit Indrawati
Moderator : Alin Septiana
Di Special Class kali ini, High Tech Teacher Indonesia akan menghadirkan Pemateri/Instruktur yang akan hadir di masing-masing pertemuan. Berikut rincian mulai dari Susunan acara, materi apa saja yang akan disampaikan, siapa Instruktur setiap sesinya, Fasilitas serta HTM – nya.
Susunan Acara :
Jumat, 26 November 2021 Pukul 15.30 – 17.30 WIB ( Sesi ini sepenuhnya gratis dan terdapat berbagai doorprize menarik untuk peserta terpilih, doorprize baik dari Canva maupun sponsorship )
Pada Sesi Pertama ini, akan dipandu oleh Instruktur Ibu Pipit Indrawati selaku Education Community Manager Canva Indonesia dan Bapak Lovandri Dwanda Putra selaku Founder Hihg Tech Teacher Indonesia, Dosen Universitas Ahmad Dahlan dan merupakan pemegang Canva Champion. Materi yang akan disampaikan di sesi ini adalah Karakteristik peserta didik saat ini dan bagaimana cara melakukan pembelajaran yang efektif dan efisien untuk merekaPeran Canva dalam optimalisasi pembelajaran di abad 21 Teori seputar dasar-dasar desain yang dapat menarik peserta didik selaku digital nativeCara pembuatan akun Canva dan klaim akun Canva for Education untuk guruPengenalan tools Canva for Education dalam basis website dan gawai.
Minggu, 28 November 2021 Pukul 09.30 – 12.00 WIB ( Sesi ini berbayar. Peserta yang bergabung mendapatkan detail fasilitas yang telah dirinci )
Pada Sesi Kedua ini, akan hadir Instruktur Mbak Filianti yang merupakan Account Manager High Tech Teacher Indonesia, pemegang Canva Enthusiast, dan pemilik surat pencatatan HKI E-Module Interactive berbasis Canva. Materi yang akan disampaikan di sesi ini adalah Tips menyiapkan kerangka materi yang akan dikembangkan sebagai multimedia pembelajaranPengembangan project media pembelajaran berbasis desain post carousel Praktik pengembangan project multimedia pembelajaran berbasis desain slides presentasiPraktik pengembangan project multimedia pembelajaran berbasis desain videoPraktik pengembangan project multimedia pembelajaran berbasis desain flyer dan poster.
Jumat, 3 Desember 2021 Pukul 15.30 – 17.30 WIB ( Sesi ini berbayar. Peserta yang bergabung mendapatkan detail fasilitas yang telah dirinci )
Lalu Pada Sesi ketiga atau terakhir ini, menghadirkan kembali Bapak Lovandri Dwanda Putra. Materi yang akan disampaikan pada sesi terakhir ini adalah Praktik pengembangan project perangkat pembelajaran (RPP Merdeka Belajar rencana pembelajaran, informasi pembelajaran, dll)Mengembangkan konten bermanfaat untuk karier peserta didik di masa depan (membuat portofolio, CV, Cover Letter, dll)Mengembangkan interactive e-book untuk pembelajaranMendesain pembelajaran berbasis project “Collaborative Learning” dengan melakukan brainstorming di dalam Canva for EducationIntegrasi hasil project media pembelajaran menggunakan Canva for Education dengan platform kelas virtual atau LMS sekolah/kampus.
Fasilitas yang akan didapatkan :
- E-Certificate 32JP
- Rekaman kegiatan meeting yang dapat diakses selamanya
- Materi pembelajaran dalam bentuk e-module, video tutorial, dan slide presentasi yang dapat diakses selamanya
- Join kelas Canva for Education High Tech Teacher Indonesia (setara Canva Pro)
- Diskon untuk join kegiatan-kegiatan HTT ID selanjutnya
- Bimbingan intensif oleh instruktur dan tim HTT ID
- Special gift dari Canva bagi peserta terpilih
- Doorprize dari Inez Cosmetic
HTM :
Terinci seperti di bawah berikut ini.
- Peserta umum : Rp. 98.000,00
- Peserta khusus : Rp. 55.000,00
- Alumni Special Class HTT ID
- Member Grub WhatsApp Canva HTT ID
- Peserta Undangan (Komunitas Jaringan Guru yang Dijangkau HTT ID)
- Jaringan Guru-Guru di Wilayah Dinas Pendidikan Mitra HTT ID
- HTM pendaftaran kolektif dari satu instansi (dikoordinir oleh sekolah/kampus)
- HTM seharga Rp 1.000.000,00 untuk 15 orang
- HTM seharga Rp 700.000,00 untuk 10 orang
- Berlaku kelipatan
Berikut Link Pendaftaran yang dapat diakses Bapak Ibu/Saudara
Daftarkan diri anda segera!!
Referensi:
Canva. (2020). Canva for Education—Free Graphic Design Tool for Schools. Diambil 8 Januari 2021, dari Canva for Education website: https://www.canva.com/education/
Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia Education Readiness Conducting Distance Learning in Covid-19 Pandemic Situation. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(6), 491. doi: 10.18415/ijmmu.v7i6.1833
Kolikant, Y. B.-D. (2010). Digital natives, better learners? Students’ beliefs about how the Internet influenced their ability to learn. Computers in Human Behavior, 26(6), 1384–1391. doi: 10.1016/j.chb.2010.04.012
Whiting, K. (2020). These are the top 10 job skills of tomorrow – and how long it takes to learn them. Diambil 4 Januari 2021, dari World Economic Forum website: https://www.weforum.org/agenda/2020/10/top-10-work-skills-of-tomorrow-how-long-it-takes-to-learn-them/
Yang, X. (2020). Teachers’ Perceptions of Large-Scale Online Teaching as an Epidemic Prevention and Control Strategy in China. ECNU Review of Education, 3(4), 739–744. doi: 10.1177/2096531120922244