Pada tanggal 18 Agustus 2024, High Tech Teacher Indonesia bekerjasama dengan Quizizz telah adakan EDTECH Webinar bertajuk Uji Pemahaman SIswa tentang Countries, Nationalities, Languages, dan Flags dalam Berbahasa Inggris dengan Quizizz. Webinar ini dihadiri oleh 50 peserta dari berbagai daerah di seluruh nusantara. Para peserta webinar sangat antusias mengikuti acara ini.
Apa Itu Quiziz?
Quizizz adalah sebuah platform pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan, sering digunakan oleh guru dan siswa untuk memperkuat pemahaman materi melalui kuis online. Platform ini menawarkan berbagai fitur yang memungkinkan pembuatan kuis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Guru dapat membuat kuis dengan pertanyaan pilihan ganda, benar-salah, dan lainnya, serta menambahkan elemen gamifikasi seperti papan skor dan timer untuk menambah semangat belajar siswa. Quizizz juga memungkinkan siswa untuk mengikuti kuis secara real-time atau secara mandiri, memberikan fleksibilitas dalam proses belajar mengajar. Selain itu, platform ini menyediakan laporan analitik yang membantu guru mengevaluasi kinerja siswa secara efektif, memfokuskan pada area yang perlu ditingkatkan. Dengan pendekatan yang interaktif, Quizizz mampu membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif, serta mendorong partisipasi aktif dari siswa.
Bagaimana berlangsungnya webinar ?
Webinar ini dimulai dengan sambutan oleh Founder HTTID yaitu Lovandri Dwanda Putra, M.Pd lalu penjelasan mengenai profil perusahaan. Selanjutnya pemarapan materi oleh Bapak Rudolf Abraham Luhukay,S.T. Materi dimulai dengan pengenalan bendera kebangsaaan diberbagai dunia. Dunia adalah tempat yang beragam, dipenuhi dengan berbagai negara yang masing-masing memiliki budaya, sejarah, dan identitas unik. Memahami hubungan antara sebuah negara, kebangsaannya, bahasa, dan benderanya adalah hal yang penting untuk memahami interaksi global dan menghargai keragaman peradaban manusia. Pembahasan ini menyelami keunikan dari setiap elemen tersebut, memberikan dasar untuk menjelajahi kompleksitas dunia yang saling terhubung. Melalui pemahaman tentang negara, kebangsaan, bahasa, dan bendera, kita dapat lebih menghargai kontribusi dan keanekaragaman yang membentuk wajah dunia kita saat ini. Hal ini juga membuka wawasan kita terhadap cara berbagai budaya berinteraksi dan berkontribusi dalam membentuk sejarah global yang dinamis dan penuh warna.
Webinar bertajuk “Uji Pemahaman Siswa tentang Countries, Nationalities, Languages, dan Flags dalam Berbahasa Inggris dengan Quizizz” membahas bagaimana platform Quizizz dapat digunakan secara efektif dalam proses pembelajaran bahasa Inggris, khususnya untuk menguji pemahaman siswa tentang berbagai negara, kebangsaan, bahasa, dan bendera. Dalam webinar tersebut, para peserta diajak untuk melihat bagaimana Quizizz dapat membuat pengajaran menjadi lebih interaktif dan menarik melalui kuis yang dirancang dengan elemen gamifikasi. Pembahasan juga mencakup teknik-teknik untuk membuat kuis yang mampu mengukur kemampuan siswa secara komprehensif, termasuk bagaimana memilih pertanyaan yang relevan dan menyusun sesi kuis yang dapat memotivasi siswa untuk belajar lebih dalam. Selain itu, webinar ini menyoroti pentingnya menggunakan alat seperti Quizizz untuk memberikan umpan balik instan kepada siswa, yang tidak hanya membantu mereka memahami kelemahan mereka tetapi juga memacu semangat belajar. Webinar ini memberikan panduan praktis bagi para pengajar dalam memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Inggris, khususnya dalam mengenalkan dan menguji pengetahuan tentang berbagai aspek yang berhubungan dengan negara dan kebudayaannya.
Sesi Selanjutnya adalah percobaan menggunakan quiziz. Para peserta diberikan kesempatan untuk bergabung mengerjakan soal menggunakan quiziz. Hal ini dilakukan untuk mengukur pemahaman peserta dalam menggunakan quiziz. Tidak hanya itu, sesi selanjutnya peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Pada sesi ini peserta sangat antusias mengikuti jalannya sesi Q & A. Berakhir dipenghujung acara, sesi dokumentasi.