HTT.ID
  • Home
  • Profile
    • Our Mission
    • Fasilitas
    • Team
  • Jurnal
  • MOOC
  • News
  • Literasi Digital
  • Clients
  • Partnership
    • Our Partner
    • Fasilitator
May 10, 2024 by Bunga Melssa Maurelia

Apa Perbedaan Kurikulum OBE dengan Kurikulum Lama?

Apa Perbedaan Kurikulum OBE dengan Kurikulum Lama?
May 10, 2024 by Bunga Melssa Maurelia
Spread the love

Pengembangan kurikulum di perguruan tinggi adalah tantangan yang kompleks bagi civitas akademika. Kurikulum yang efektif membantu membentuk sumber daya manusia (SDM) yang siap menghadapi tuntutan industri.

Outcome Based Education (OBE) menjadi sorotan sebagai kurikulum baru di perguruan tinggi. Apa sebenarnya OBE dan bagaimana perbedaannya dengan kurikulum lama?

Apa Itu Kurikulum OBE?

kurikulum OBE
Sumber: Unsplash.com/Bench Accounting

Outcome Based Education (OBE) adalah kurikulum yang fokus pada hasil yang dicapai oleh mahasiswa di akhir masa perkuliahan. Bukan hanya materi yang diajarkan di kelas, tetapi juga bagaimana lulusan dipersiapkan untuk menghadapi dunia kerja.

Implementasi OBE berarti perguruan tinggi mendukung kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang bertujuan untuk memproyeksikan lulusan yang mampu bersaing secara global.

Mengapa Perguruan Tinggi Menggunakan Kurikulum OBE?

kurikulum obe
Sumber: Unsplash.com/Annie Spratt

Perkembangan teknologi yang pesat menciptakan kesenjangan dalam dunia pendidikan. Lulusan harus adaptif terhadap kebutuhan dunia kerja yang terus berkembang.

Kurikulum OBE dirancang untuk menjembatani kesenjangan ini dengan memastikan lulusan memiliki keterampilan yang relevan. Kurikulum ini menciptakan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri dan memiliki daya saing yang tinggi.

Apa Bedanya Kurikulum OBE dan Kurikulum Lama?

Sumber: Unsplash.com/Jason Goodman

Sebelum OBE, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah standar yang digunakan. Meski mirip, OBE dan KKNI memiliki perberdaan penting. Perbedaan utamanya alah adaptabilitas kurikulum.

Perbedaan ini terlihat dalam proses belajar mengajar. Pada kurikulum lama, dosen menyiapkan seluruh materi sebelum kelas dimulai.

Namun, dengan OBE, dosen lebih fokus pada kompetensi mahasiswa dan menyesuaikan materi serta metode pengajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Sehingga, lulusan siap dengan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan kata lain, OBE adalah evolusi dari kurikulum KKNI.

Evaluasi Kurikulum OBE

kurikulum obe
Sumber: Unsplash.com/krakenimages

Terdapat tiga poin utama yang dievaluasi dalam kurikulum OBE:

1. Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) atau Course Outcome

Evaluasi ini mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa setelah menyelesaikan suatu mata kuliah.

Proses evaluasi bisa dilakukan setiap akhir semester (UAS), tengah semester (UTS), atau setelah pembahasan materi selesai. Idealnya, evaluasi dilakukan setelah semester berakhir untuk mengukur CPL akhir mahasiswa.

2. Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) atau Program Outcome

Evaluasi ini dilakukan untuk mengidentifikasi, mengumpulkan, dan menyiapkan data kompetensi yang dicapai saat mahasiswa lulus.

Transkrip CPL tidak hanya berisi mata kuliah yang dipelajari, tetapi juga kemampuan lulusan, disertai laporan visual, seperti spider chart untuk menyajikan data secara informatif.

3. Program Educational Objective (PEOs)

Evaluasi ini dilakukan beberapa tahun setelah lulus untuk menilai kompetensi lulusan dalam karier dan kehidupan.

Evaluasi pada tahun pertama digunakan untuk penilaian Indikator Kinerja Utama (IKU), tahun kedua untuk tracer study, dan empat hingga lima tahun untuk evaluasi kurikulum.

Kurikulum OBE memiliki hubungan erat dengan kurikulum KKNI, namun lebih berfokus pada capaian lulusan. OBE mendukung kebijakan program MBKM dan dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan industri dengan keterampilan yang relevan.

Perguruan tinggi yang mengimplementasikan OBE dapat meningkatkan kualitas lulusan mereka, yang pada gilirannya meningkatkan reputasi dan daya saing perguruan tinggi itu sendiri.

Dengan adaptabilitas dan fokus pada hasil, kurikulum OBE memastikan bahwa lulusan memiliki kompetensi yang diakui dan dibutuhkan oleh dunia kerja. Ini membuat OBE menjadi langkah penting dalam transformasi pendidikan tinggi di Indonesia.

Penulis: Bunga Melssa Maurelia

Previous articlePengaruh Kurikulum Outcome-Based Education (OBE) Terhadap Akreditasi Perguruan Tinggioutcome based educationNext article Trik Jitu Panduan Efektif Menulis Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional bagi Para Guru

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG HTT.ID

HTT.ID adalah forum guru/dosen yang berkolaborasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0 sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang Pendidikan agar memajukan Pendidikan di Indonesia

Copyright © 2020

Buat Website Sekolahmu Sekarang !

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Recent Posts

  • PEMBUKAAN BEASISWA KEMITRAAN INDONESIA (BKI) TAHUN 2025
  • Workshop Artificial Intelligence for Education
  • Kemdiktisaintek Mendorong Pemanfaatan Hasil Riset di Lapangan

Tags

#certiport #sertifikasi AI Artificial Intelligence (AI) Augmented Reality canvaforeducation ClassPoint Digital Digitalisasi dosen Edtech Webinar Guru Guru Inovatif High Tech Teacher Indonesia Indonesia Info Interaktif jurnal Kampus Merdeka kampusmerdeka kurikulum Literasi Magang Mandiri Matematika mce Pembelajaran pemerintah pendidik Pendidikan Pendidikan Indonesia Penelitian perguruan tinggi Popular PPG Quizizz sekolah siswa Teknologi Teknologi Pendidikan Video Pembelajaran Webinar webinar gratis Webinar Online WordPress Workshop

HIGH TECH TEACHER

High Tech Teacher Indonesia merupakan forum bagi guru, dosen, tenaga kependidkan dan calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar serta mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi terkini.

Digitalisasi Sekolah dengan Idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bantuan dan Panduan

  • Join Menjadi Fasilitator
  • Join Menjadi Penulis
  • Term and Condition
  • Privacy and Policy
  • Perangkat Ajar

Coba Gratis Canva PRO 30 Hari

Copyright 2020 © PT Indonesia Cakap Digital

Cari Di sini

Login Form

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

TENTANG KAMI

HTT.ID adalah forum bagi guru, dosen, tenaga kependidikan dan calon guru yang berkolaborasi dengan kemajuan Revolusi Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan keberadaan teknologi pada bidang pendidikan. Harapannya, mampu memberikan sumber belajar terbaik bagi peserta didik digital native agar memajukan pendidikan Indonesia !