Pada tanggal 12 Juli 2024 pukul 13.30 WIB High Tech Teacher Indonesia telah gelar webinar bertajuk “Pembelajaran Terdiferensiasi dengan ClassPoint”. Webinar ini bertujuan untuk mengajarkan para pendidik bagaimana memanfaatkan fitur-fitur ClassPoint untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Dalam webinar ini, para peserta akan diajarkan cara menggunakan berbagai fitur ClassPoint seperti kuis interaktif, polling, dan anotasi langsung pada slide presentasi. Webinar ini dihadiri oleh 78 peserta. Acara ini berlangsung dengan lancar dan para peserta sangat antusias.
Apa itu Pembelajaran Berdiferensiasi?
Pembelajaran berdiferensiasi adalah suatu pendekatan yang mengakui keberagaman kebutuhan dan kemampuan setiap siswa dalam proses belajar. Pendekatan ini menekankan pada penyesuaian materi, metode pengajaran, dan penilaian agar sesuai dengan berbagai minat dan kemampuan siswa. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan bahwa setiap siswa dapat mencapai potensi terbaik mereka serta merasa termotivasi dalam proses belajar. Dalam Kurikulum Merdeka, penerapan pembelajaran berdiferensiasi bisa dilakukan dengan memberikan siswa kebebasan untuk memilih materi yang mereka minati dan ingin pelajari lebih dalam. Misalnya, siswa yang memiliki ketertarikan dalam bidang ilmu pengetahuan alam bisa memilih untuk mendalami topik-topik seperti biologi, fisika, atau kimia. Sebaliknya, siswa yang lebih tertarik pada seni dan musik dapat memilih untuk fokus pada mata pelajaran seperti seni rupa, tari, atau musik. Dengan memberikan pilihan ini, siswa akan lebih termotivasi untuk belajar karena mereka dapat memilih materi yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka, yang pada gilirannya membantu mereka belajar dengan lebih efektif dan menyenangkan.
Bagaimana jalannya webinar?
Webinar diawali dengan moderator yang membuka jalannya webinar yaitu Reynhard Powiwi selaku Moderator pada webinar hari ini. Selanjutnya, kata sambutan oleh Pak Lovandri Dwanda Putra, S.Pd., M.Pd. selaku Founder High Tech Teacher Indonesia. Beliau memperkenalkan Profil Perusahaan High Tech Teacher Indonesia kepada para peserta.
Acara selanjutnya yaitu pemaparan materi yang disampaikan oleh Ibu Asri Pujihastuti dan Ibu Riesintya Aska. Materi dibuka dengan para peserta untuk join ke classpoint. Pemateri juga menjelaskan alasan harus pembelajaran berdiferensiasi sebagai berikut.
- Memberi kesempatan belajar ke semua murid
- Menjadikan murid mandiri
- Memanusiakan hubungan antara guru dan murid
- Meningkatkan motivasi belajar murid
Tidak hanya itu, pemateri juga memberikan strategi dan instruksi pembelajaran berdiferensiasi. Selanjutnya memaparkan materi pembelajaran berdiferensiasi dengan ClassPoint. Pembelajaran terdiferensiasi dengan Classpoint adalah pendekatan inovatif yang memanfaatkan teknologi untuk menyesuaikan proses pembelajaran dengan kebutuhan individu siswa. Classpoint adalah platform pendidikan yang menyediakan berbagai fitur interaktif untuk mendukung pembelajaran yang beragam. Dengan menggunakan Classpoint, guru dapat merancang aktivitas pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan dan minat siswa. Misalnya, guru dapat membuat kuis dengan berbagai tingkat kesulitan yang dapat dipilih oleh siswa sesuai dengan kemampuan mereka. Fitur seperti polling, pertanyaan langsung, dan umpan balik real-time memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara langsung dan memberikan dukungan yang diperlukan. Selain itu, Classpoint memungkinkan guru untuk mengatur kelompok diskusi berdasarkan minat atau tingkat kemampuan siswa, sehingga setiap siswa dapat bekerja dalam lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dengan fitur-fitur ini, Classpoint mendukung strategi pembelajaran berdiferensiasi yang tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga memungkinkan guru untuk menyesuaikan materi ajar dan metode pengajaran secara lebih efektif. Sebagai contoh, dalam sesi pembelajaran tentang konsep matematika yang kompleks, guru bisa menggunakan Classpoint untuk memberikan latihan dengan variasi soal, mengadakan sesi tanya jawab interaktif, dan mengumpulkan umpan balik untuk menilai pemahaman siswa. Dengan cara ini, Classpoint membantu guru untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan responsif, yang pada akhirnya mendukung pencapaian potensi maksimal setiap siswa.
Sesi selanjutnya yaitu tanya jawab. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada pemateri. Lalu sesi terakhir yaitu dokumentasi.
Penulis : Atha Difa Saputri