HTT.ID
  • Home
  • Profile
    • Our Mission
    • Fasilitas
    • Team
  • Jurnal
  • MOOC
  • News
  • Literasi Digital
  • Clients
  • Partnership
    • Our Partner
    • Fasilitator
May 29, 2024 by Atha Difa Saputri

Pembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kesesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan Siswa

Pembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kesesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan Siswa
May 29, 2024 by Atha Difa Saputri
Spread the love

Pembelajaran berdiferensiasi kini menjadi topik hangat di dunia pendidikan, meskipun sebenarnya konsep ini bukanlah hal baru. Banyak media telah membahasnya karena pembelajaran berdiferensiasi sangat mendukung kebutuhan siswa dan sejalan dengan paradigma pembelajaran baru yang sedang diterapkan saat ini. Pembelajaran berdiferensiasi memiliki beberapa ciri khas, seperti lingkungan belajar yang mendorong siswa untuk aktif, kurikulum dengan tujuan yang jelas, penilaian berkelanjutan, guru yang responsif terhadap kebutuhan belajar siswa, serta manajemen kelas yang efektif. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, guru menggunakan berbagai metode pengajaran yang memungkinkan siswa untuk memahami kurikulum dengan lebih baik.

 
Guru juga menyediakan berbagai aktivitas yang membantu siswa dalam menguasai informasi atau konsep serta memberikan pilihan berbeda kepada siswa untuk menunjukkan apa yang telah mereka pelajari. Sebaliknya, kelas yang tidak menerapkan pembelajaran berdiferensiasi seringkali melihat guru yang lebih banyak mendikte, kurang memahami minat dan keinginan siswa, serta tidak menyediakan berbagai aktivitas dan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa. Meskipun memiliki dampak positif yang signifikan bagi siswa, termasuk memicu kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan minat serta bakat siswa, pembelajaran berdiferensiasi menghadapi berbagai tantangan di lapangan. Tantangan-tantangan tersebut meliputi penyesuaian terhadap kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda, keterbatasan sumber daya seperti waktu, ruang, dan bahan ajar, kurikulum yang kaku, kesulitan dalam penilaian dan evaluasi yang adil, keterampilan manajemen kelas yang efektif, serta tantangan psikologis yang mungkin dialami siswa. Untuk mengatasi kendala ini, guru perlu memiliki pemahaman mendalam tentang kebutuhan belajar siswa dan mengembangkan strategi yang efektif untuk desain, implementasi, dan evaluasi pembelajaran berdiferensiasi. Kolaborasi dengan guru lain dan administrator sekolah, serta pencarian sumber daya tambahan, juga sangat membantu.

 
Guru harus mendukung siswa sesuai dengan kebutuhan individual mereka, karena setiap siswa memiliki karakteristik yang unik dan tidak bisa diperlakukan sama. Dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi, guru harus melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek utama: kemauan belajar, minat belajar, dan profil belajar siswa, yang bisa dilakukan melalui wawancara, observasi, atau survei. Berdasarkan hasil survei ini, guru harus mendesain pembelajaran yang menawarkan pilihan strategi, materi, dan metode yang beragam. Evaluasi dan refleksi atas apa yang telah dipelajari sangat penting untuk menentukan langkah selanjutnya.


Saat ini, pembelajaran berdiferensiasi menjadi pilihan terbaik bagi banyak sekolah di Indonesia. Namun, kenyataannya, sekolah-sekolah yang kekurangan sumber daya mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Oleh karena itu, tidak semua sekolah dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Pemerintah perlu meratakan distribusi sumber daya alam dan manusia untuk memfasilitasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi di seluruh sekolah. Perkembangan pendidikan harus seimbang dengan kemajuan teknologi serta pemanfaatan sumber daya alam dan manusia yang memadai.

Previous articlePENDAFTARAN TERBATAS SPECIAL CLASS! OPTIMALISASI FITUR QUIZIZZ DALAM PERSIAPAN TAHUN AJARAN BARU!Next article Pendekatan Disiplin Positif: Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan yang Berbasis Kehormatan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG HTT.ID

HTT.ID adalah forum guru/dosen yang berkolaborasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0 sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang Pendidikan agar memajukan Pendidikan di Indonesia

Copyright © 2020

Buat Website Sekolahmu Sekarang !

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Recent Posts

  • MAGANG KEMNAKER BATCH 1 PT INDONESIA CAKAP DIGITAL (HIGH TECH TEACHER INDONESIA)
  • PEMBUKAAN BEASISWA KEMITRAAN INDONESIA (BKI) TAHUN 2025
  • Workshop Artificial Intelligence for Education

Tags

#certiport #sertifikasi AI Artificial Intelligence (AI) Augmented Reality canvaforeducation ClassPoint Digital Digitalisasi dosen Edtech Webinar Guru Guru Inovatif High Tech Teacher Indonesia Indonesia Info Interaktif jurnal Kampus Merdeka kampusmerdeka kurikulum Literasi Magang Mandiri Matematika mce Pembelajaran pemerintah pendidik Pendidikan Pendidikan Indonesia Penelitian perguruan tinggi Popular PPG Quizizz sekolah siswa Teknologi Teknologi Pendidikan Video Pembelajaran Webinar webinar gratis Webinar Online WordPress Workshop

HIGH TECH TEACHER

High Tech Teacher Indonesia merupakan forum bagi guru, dosen, tenaga kependidkan dan calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar serta mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi terkini.

Digitalisasi Sekolah dengan Idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bantuan dan Panduan

  • Join Menjadi Fasilitator
  • Join Menjadi Penulis
  • Term and Condition
  • Privacy and Policy
  • Perangkat Ajar

Coba Gratis Canva PRO 30 Hari

Copyright 2020 © PT Indonesia Cakap Digital

Cari Di sini

Login Form

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

TENTANG KAMI

HTT.ID adalah forum bagi guru, dosen, tenaga kependidikan dan calon guru yang berkolaborasi dengan kemajuan Revolusi Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan keberadaan teknologi pada bidang pendidikan. Harapannya, mampu memberikan sumber belajar terbaik bagi peserta didik digital native agar memajukan pendidikan Indonesia !