Pada Rabu (29 Mei 2024), High Tech Teacher Indonesia (HTTID) kembali menggelar Edtech Webinar bertajuk “Mengoptimalkan Edpuzzle Dan Asesmen Formatif Untuk Kemandirian Belajar Siswa”. Acara ini berlangsung secara antusias dihadiri sebanyak 60 peserta.
Acara ini bertujuan untuk membantu para pendidik memanfaatkan alat dan strategi pembelajaran modern guna mendukung kemandirian belajar siswa. Asesmen formatif adalah strategi evaluasi yang digunakan untuk memantau kemajuan belajar siswa dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Webinar ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana Edpuzzle dan asesmen formatif dapat mendukung kemandirian belajar siswa. Dengan menggunakan alat dan strategi ini, siswa dapat belajar secara mandiri dan mengatur waktu belajar mereka.
Apa itu Edpuzzle?
Edpuzzle adalah sebuah platform pembelajaran berbasis video yang memungkinkan para pendidik untuk mengubah video menjadi alat interaktif yang mendukung proses belajar mengajar. Dengan Edpuzzle, guru dapat mengambil video dari berbagai sumber seperti YouTube, Vimeo, atau mengunggah video mereka sendiri, kemudian menambahkan berbagai elemen interaktif seperti pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan terbuka, dan catatan audio. Fungsi ini memungkinkan guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa secara real-time dan memberikan umpan balik yang konstruktif. Selain itu, Edpuzzle menyediakan fitur pelacakan yang memungkinkan guru untuk melihat sejauh mana siswa telah menonton video, serta bagaimana mereka menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Platform ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, memungkinkan pembelajaran yang lebih mendalam, dan mendukung kemandirian belajar. Edpuzzle juga terintegrasi dengan berbagai sistem manajemen pembelajaran (LMS), sehingga memudahkan dalam pengelolaan tugas dan nilai. Secara keseluruhan, Edpuzzle menawarkan solusi inovatif untuk memanfaatkan kekuatan video dalam pembelajaran interaktif dan efektif.
Adapun manfaat Edpuzzle untuk kemandirian belajar siswa sebagai berikut.
1. Meningkatkan interaktivitas
Edpuzzle memudahkan guru untuk menambahkan elemen interaktif seperti pertanyaan pilihan ganda, pertanyaan terbuka, dan catatan audio ke dalam video. Ini meningkatkan keterlibatan siswa dan memastikan mereka aktif dalam proses pembelajaran.
2. Meningkatkan keterampilan digital siswa
Penggunaan Edpuzzle membantu siswa mengembangkan keterampilan digital mereka, yang penting dalam era teknologi saat ini. Mereka belajar cara menggunakan alat digital untuk pembelajaran, meningkatkan literasi teknologi mereka.
3. Membantu mengevaluasi pemahaman siswa
Dengan fitur interaktif, guru dapat menilai pemahaman siswa secara real-time. Pertanyaan yang disisipkan dalam video membantu guru mengidentifikasi area di mana siswa mungkin memerlukan bantuan lebih lanjut.
Jalannya Acara Webinar
Acara dibuka oleh Ferlyn Clarencia, Project Manager Intern HTTID, selaku MC dengan memperkenalkan profil perusahaan. HTTID dikenal sebagai platform yang fokus pada pengembangan teknologi di bidang pendidikan di Indonesia. Selanjutnya, sambutan disampaikan oleh Pak Lovandri Dwanda Putra, M.Pd selaku founder High Tech Teacher Indonesia.
Selanjutnya, sesi pemaparan dibawakan oleh Bapak Naufal Falaah Nduru, S.Kom, seorang praktisi berpengalaman dalam bidang teknologi pendidikan selaku Official Trainer High Tech Teacher Indonesia.
Adapun langkah-langkah pembuatan video pembelajaran menggunakan edpuzzle sebagai berikut :
- Menentukan Materi dan Tujuan Pembelajaran
- Mencari dan Memilih Video
- Mengunggah atau Memilih Video di Edpuzzle
- Mengedit Video
Setelah video terimpor, Anda dapat mulai mengedit.
- Gunakan fitur “Trim” untuk memotong bagian video yang tidak diperlukan.
- Klik “Questions” untuk menambahkan pertanyaan di titik tertentu dalam video.
- Pilih jenis pertanyaan: pilihan ganda, jawaban singkat, atau catatan audio.
- Menambahkan Pertanyaan dan Catatan:
- Geser penanda waktu ke titik di mana Anda ingin menambahkan pertanyaan atau catatan.
- Klik ikon “+” untuk menambahkan pertanyaan atau catatan.
- Tulis pertanyaan atau catatan Anda, dan simpan.
- Menyimpan dan Mengassign Video
- Setelah selesai mengedit, klik “Finish”.
- Berikan judul pada video Anda, dan pilih kelas atau grup siswa yang akan menerima tugas ini.
- Klik “Assign” untuk mengirim tugas ke siswa.
- Memantau Progres Siswa
-
- Setelah siswa mulai mengerjakan tugas, Guru dapat memantau progress siswa melalui dashboard Edpuzzle.
- Guru bisa melihat berapa lama mereka menonton setiap bagian video dan bagaimana mereka menjawab setiap pertanyaan.
Webinar ini berlangsung sangat interaktif, para peserta juga diberikan akses link dan kode di mana mereka dapat secara langsung merasakan experience menggunakan setiap fitur dalam edpuzzle. Dengan sesi tanya jawab yang ada juga memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan pembicara.
Acara diakhiri dengan sesi dokumentasi, mengabadikan momen penting dari webinar ini. Webinar ini merupakan bukti nyata komitmen HTTID dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui teknologi modern, membantu guru dan siswa beradaptasi dengan metode pembelajaran yang lebih dinamis dan efektif.
Webinar “Membangun Pembelajaran yang Bermakna: Mengoptimalkan Edpuzzle dan Asesmen Formatif” memberikan wawasan penting tentang bagaimana teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Melalui Edpuzzle, guru dapat menciptakan video pembelajaran interaktif yang meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. Asesmen formatif menjadi alat yang vital untuk memantau perkembangan belajar siswa secara real-time, memberikan umpan balik instan, dan membantu siswa belajar secara mandiri. Webinar ini juga menekankan pentingnya strategi efektif dalam mendukung kemandirian belajar, seperti pembelajaran terbalik dan penugasan individual terstruktur. Dengan demikian, webinar ini berhasil memberikan panduan praktis bagi para pendidik dalam memanfaatkan teknologi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis, menarik, dan bermakna bagi siswa.
Penulis : Atha Difa Saputri (Content Writer HTTID)
Editor : Gusmiar Edy Chandra, S.Pd