HTT.ID
  • Home
  • Profile
    • Our Mission
    • Fasilitas
    • Team
  • Jurnal
  • MOOC
  • News
  • Literasi Digital
  • Clients
  • Partnership
    • Our Partner
    • Fasilitator
April 22, 2024 by Yusrizal Adytia Firdaus

Metode Pelatihan Pengenalan Kata

Metode Pelatihan Pengenalan Kata
April 22, 2024 by Yusrizal Adytia Firdaus
Spread the love

Peneliti dari Universitas Cologne berhasil mengembangkan metode pelatihan yang meningkatkan pengenalan kata-kata yang diketahui dan tidak diketahui siswa, sehingga meningkatkan efisiensi membaca. Studi mereka menggunakan model berdasarkan perilaku otak yang berfungsi seperti filter, membedakan kata-kata yang dikenal dari kombinasi huruf yang tidak dikenal.

Model ini digunakan untuk melatih peserta selama tiga hari, sehingga secara signifikan meningkatkan kemampuan membaca mereka. Pelatihan ini tidak hanya membantu mempelajari bahasa baru dengan menyederhanakan proses membaca, tetapi juga berpotensi mengatasi gangguan membaca seperti disleksia.

Pelatihan ini didasarkan pada Model Kategorisasi Leksikal, yang membantu pembaca menyaring dan mengenali kata secara efisien, sehingga mempercepat proses membaca. Peserta dapat menunjukkan peningkatan yang nyata dalam efisiensi membaca hanya setelah tiga hari pelatihan, yang melibatkan tugas-tugas yang membantu membedakan kata dari non-kata.

Sebuah tim peneliti ini telah menemukan dalam studi pelatihan bahwa perbedaan antara kata-kata yang diketahui dan tidak diketahui dapat dilatih dan menghasilkan pembacaan yang lebih efisien.

Mengenali kata-kata diperlukan untuk memahami makna suatu teks. Saat kita membaca, kita menggerakkan mata kita dengan sangat efisien dan cepat dari kata ke kata. Alur membaca ini terhenti ketika kita menemukan kata yang tidak kita ketahui, situasi yang biasa terjadi saat mempelajari bahasa baru.

Kata-kata dalam bahasa baru ini mungkin belum dapat dipahami secara keseluruhan, dan kekhasan ejaan bahasa tersebut masih perlu diinternalisasi.

Model yang dikembangkan ini mengasumsikan bahwa wilayah otak tertentu berfungsi seperti filter dan memisahkan kata-kata yang sudah diketahui dari kombinasi huruf yang tidak relevan atau belum diketahui. Hanya kata-kata yang diketahui yang diperbolehkan ‘lulus’ untuk memulai pemrosesan linguistik.

Prosedur pelatihan yang menjadi inti penelitian ini dimotivasi oleh asumsi ‘Model Kategorisasi Leksikal’. Studi perilaku menunjukkan bahwa keterampilan membaca meningkat ketika peserta dilatih dalam proses penyaringan yang penting untuk membaca efisien.

Prosedur pelatihan mencakup tugas-tugas sederhana, di mana pembaca harus membedakan kata-kata dari non-kata. Setelah tiga hari pelatihan, kinerja membaca meningkat secara substansial dalam tiga penelitian terpisah.

Tim peneliti juga menggunakan prosedur diagnostik berbasis pembelajaran mesin yang dapat meningkatkan efisiensi pelatihan karena dapat mendeteksi peserta yang kemungkinan tidak akan mendapat manfaat dari pelatihan lebih lanjut.

Hal ini memungkinkan keputusan dibuat secara individual untuk setiap pelajar, apakah pelatihan kategorisasi leksikal layak untuk dilakukan atau apakah pelatihan alternatif sebaiknya dilakukan.

Previous articlePERUBAHAN SERAGAM SEKOLAH 2024 : BEGINI REAKSI Kemendikbud RistekNext article Rekomendasi 10 Aplikasi Sosial-Emosional (SEL) Terbaik untuk Guruaplikasi SEL

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG HTT.ID

HTT.ID adalah forum guru/dosen yang berkolaborasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0 sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang Pendidikan agar memajukan Pendidikan di Indonesia

Copyright © 2020

Buat Website Sekolahmu Sekarang !

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Recent Posts

  • PEMBUKAAN BEASISWA KEMITRAAN INDONESIA (BKI) TAHUN 2025
  • Workshop Artificial Intelligence for Education
  • Kemdiktisaintek Mendorong Pemanfaatan Hasil Riset di Lapangan

Tags

#certiport #sertifikasi AI Artificial Intelligence (AI) Augmented Reality canvaforeducation ClassPoint Digital Digitalisasi dosen Edtech Webinar Guru Guru Inovatif High Tech Teacher Indonesia Indonesia Info Interaktif jurnal Kampus Merdeka kampusmerdeka kurikulum Literasi Magang Mandiri Matematika mce Pembelajaran pemerintah pendidik Pendidikan Pendidikan Indonesia Penelitian perguruan tinggi Popular PPG Quizizz sekolah siswa Teknologi Teknologi Pendidikan Video Pembelajaran Webinar webinar gratis Webinar Online WordPress Workshop

HIGH TECH TEACHER

High Tech Teacher Indonesia merupakan forum bagi guru, dosen, tenaga kependidkan dan calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar serta mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi terkini.

Digitalisasi Sekolah dengan Idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bantuan dan Panduan

  • Join Menjadi Fasilitator
  • Join Menjadi Penulis
  • Term and Condition
  • Privacy and Policy
  • Perangkat Ajar

Coba Gratis Canva PRO 30 Hari

Copyright 2020 © PT Indonesia Cakap Digital

Cari Di sini

Login Form

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

TENTANG KAMI

HTT.ID adalah forum bagi guru, dosen, tenaga kependidikan dan calon guru yang berkolaborasi dengan kemajuan Revolusi Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan keberadaan teknologi pada bidang pendidikan. Harapannya, mampu memberikan sumber belajar terbaik bagi peserta didik digital native agar memajukan pendidikan Indonesia !