pendidikan makin asyik dan menyenangkan bersama tiktok
TikTok adalah aplikasi berbagi video yang populer di kalangan generasi muda saat ini. Konten TikTok bukan hanya sekedar untuk tujuan hiburan lagi. video yang dibagikan dapat juga digunakan untuk tujuan pembelajaran , dan telah digunakan oleh pendidik dari semua tingkatan, mulai dari guru sekolah dasar hingga profesor perguruan tinggi.
Pada sekolah, tiktok telah digunakan dalam pendidikan untuk mengajar siswa tentang topik yang berbeda, seperti sejarah, matematika, geografi, hingga IT. Video yang dibagikan pada TikTok pendek dan ringkas, membuatnya sempurna untuk menjadi alternatif bahan ajar digital yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Siswa dapat menonton video dan kemudian menjawab pertanyaan yang berkaitan dengannya, atau mereka dapat membuat video TikTok mereka sendiri untuk mengajari orang lain tentang topik yang mereka minati. ada beberapa hal yang membuat tiktok saat ini sangat cocok digunakan oleh pendidik, beberapa alasannya adalah mudah digunakan dan menyediakan banyak fitur berbeda sesuai kebutuhan pendidik, mulai dari filter ganti background video, stich atau duet video, dan masih banyak lagi fitur lain yang harus di eksplore oleh pendidik.
Dilansir dalam situs resminya tiktok, pada tanggal 30 Juni 2022, tiktok meluncurkan kampanye edukasi terbaru bertajuk “#SerunyaBelajar Ada di TikTok“. Setelah sebelumnya sukses dengan kampanye #SamaSamaBelajar (tahun 2020), kampanye edukasi kali ini mendorong terciptanya konten edukasi yang seru dan bermanfaat, sekaligus menyemarakkan kegiatan edukatif yang mengajak partisipasi aktif dari komunitas TikTok. Untuk memupuk semangat belajar dengan cara yang menyenangkan dan menghibur, kampanye ini menunjuk Cinta Laura Kiehl sebagai Campaign Ambassador atau wajah kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok”.
Sebagai lima kategori teratas di Indonesia, kategori konten edukasi berkembang dengan sangat pesat di TikTok, termasuk konten seputar life-hacks, tips karier, belajar hingga bisnis. Hal ini terlihat dari beberapa data, antara lain kampanye edukasi #SamaSamaBelajar yang sebelumnya diluncurkan di TikTok dan berhasil mendapatkan lebih dari 95 miliar views. Sejalan dengan pembelajaran melalui platform digital, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) juga turut mendorong penyediaan konten pembelajaran yang dibuat secara mandiri oleh kreator konten. Metode pengajaran digital ini juga menjadi upaya Kemendikbudristek untuk menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media sumber pembelajaran.
Sebagai rumah kreativitas dari para kreator, TikTok ingin terus membangun semangat belajar yang kreatif dan menyenangkan, salah satunya melalui kampanye edukasi ini. “Di platform TikTok, semua orang bisa belajar dan berbagi informasi bermanfaat dengan cara yang seru dan menyenangkan, melalui kekuatan komunitas. Kami senang sekali semangat yang sama juga diusung oleh sosok figur publik seperti Cinta Laura Kiehl yang sangat memperhatikan pendidikan dan pertumbuhan konten edukasi. Harapannya, kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” dapat semakin menginspirasi serta meningkatkan kreativitas komunitas dan kreator sebagai penggerak utama konten edukasi,” ungkap Kevin Chandra, Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia.
Kampanye edukasi terbaru dari TikTok kali ini fokus mengajak pengguna untuk sama-sama menikmati dan berbagi semangat belajar dengan cara seru. Untuk menyebarluaskan semangat ini, figur publik Cinta Laura Kiehl juga ditunjuk sebagai Campaign Ambassador untuk #SerunyaBelajar Ada di TikTok. “Bagi saya, proses belajar adalah perjalanan yang tidak akan ada habisnya. Untuk itu, saya senang sekali bisa menjadi bagian dari kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok. Saya ingin ikut berbagi proses dan pengalaman belajar pribadi saya dengan cara yang seru dan menghibur kepada komunitas TikTok dan masyarakat yang lebih luas,” tutur sosok yang peduli pada pendidikan ini.
Tak hanya kehadiran Cinta Laura Kiehl yang memberi warna baru dalam kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok, kreasi video kreatif dari kreator kategori edukasi di TikTok tentu menjadi kunci sukses kampanye. Tjokro Wimantara atau Pak Win, kreator dan Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education, yang sering menyampaikan informasi terkait bisnis dan keuangan menyampaikan, “Saya mengapresiasi komitmen TikTok di dalam kampanye edukasi. Melalui kreativitas para kreator dan komunitas TikTok, konten edukasi dapat dikemas dengan cara yang seru, sehingga dapat menggugah semangat belajar di diri kita. Semoga kehadiran kampanye edukasi terbaru #SerunyaBelajar ini dapat meningkatkan motivasi semua teman-teman kreator untuk terus menghadirkan lebih banyak lagi konten bermanfaat dan turut membangun ekosistem platform digital yang positif.”
Kreator yang berbagi konten karier dan pengembangan diri, sekaligus Pemenang TikTok Awards 2021 kategori Best of Learning & Education, Vina Muliana juga menuturkan, “Saya senang dapat ikut menjadi bagian dari komunitas berbagai latar belakang yang saling berbagi pengetahuan dan informasi lewat konten-konten edukasi di TikTok. Hadirnya kampanye edukasi terbaru #SerunyaBelajar Ada di TikTok ini menjadi semangat baru bagi saya dan sesama kreator untuk berbagi informasi terkini, khususnya seputar dunia kerja, kepada komunitas TikTok dan masyarakat luas. Serta mampu berkontribusi untuk ekosistem platform digital yang lebih positif.”
Seluruh kegiatan kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” akan dilaksanakan mulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli 2022. Kegiatan ini meliputi kompetisi hashtag challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, serial TikTok LIVE dengan tema #SerunyaBelajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni hingga 7 Juli 2022, dan kegiatan di MBloc Space yang diisi dengan Creative Edu Exhibition dan Networking Party. Acara yang berlangsung mulai 4 hingga 10 Juli 2022 ini terbuka bagi seluruh masyarakat, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.
Konten-konten edukasi yang inspiratif dan menghibur di TikTok dapat diakses melalui tagar #SerunyaBelajar di laman discovery TikTok atau melalui tautan ini. Untuk informasi lebih lengkap terkait kegiatan kampanye “#SerunyaBelajar Ada di TikTok” di TikTok.
Bagaimana pendapat teman-teman pendidik menanggapi hal ini? bisa sharing pendapatnya di kolom komentar ya. thanyou 😀
Setuju, TikTok bisa menjadi media pembelajaran yang efektif apalagi jaman sekarang banyak anak anak yang sudah bermain TikTok, jadi TikTok bukan hanya digunakan untuk joged joged dan lain sebagainya tetapi bisa digunakan untuk media pembelajaran juga.
Noerlaela Alfa Rizkie
2000001115
PTLBK E
Nama : Citra Rana Sari
NIM : 2000001117
Sangat bagus dan mengikuti perkembangan zaman membuat belajar lebih mudah, asik dan menarik dilengkapi banyak fitur fitur yang dapat memudahkan penyampaian materi
Pahla Sevia N
2000001107
PTLBK E
Guru dan konselor harus turut serta dalam mengembangkan media edukatif bagi peserta didiknya agar pertumbungan dan perkembangannya menjadi optimal. Semoga pembelajaran menyenangkan melalui tiktok ini dapat dimanfaatkan lebih luas lagi.
Nama: Ummi Nur Fathonah
Nim: 2000001114
Kelas : Ptlbk E
Mohon maaf sebelumnya izin bertanya apakah ada dampak dari penggunaan tiktok ini?
Dan mengapa beberapa pendapat tiktok ini membahayakan anak-anak dan beberapa orang juga berpendapat bahwa aplikasi tiktok ini menyenangkan, ini bagaimana agar aplikasi tiktok dengan pendidikan asyik bersama tiktok ini menjadikan percaya bahwa tiktok itu menyenangkan bagi pendidikan serta orang yang berpendapat bahwa tiktok itu membahayakan bisa menjadi tiktok itu untuk ilmu dalam mempelajari edukasi belajar yang baik
Terimakasih🙏
Yulita Purnamasari (200001111)
Sangat setuju pada media tiktok di era jaman sekarang Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan guru. Media pembelajaran interaktif dapat mewakili apa yang belum bisa disampaikan guru dan proses pembelajaran akan lebih efektif dan efisien.
Nama : Adinda Rima Melati Putih
NIM : 2000001121
TikTok menjadi media belajar yang menarik karena edukasi disampaikan dengan video singkat sehingga isi dalam konten tersebut menjadi lebih padat informasi jadi tidak membosankan apalagi dengan berbagai filter dan musik yang bisa menambah keistimewaan konten.
ini merupakan hal yang menarik sekali dan luar biasa dimana ini bisa mengikuti perkembangan zaman membuat belajar lebih efisiens, asik dan menarik tik tok dilengkapi banyak fitur fitur yang dapat memudahkan penyampaian materi dimana Penggunaan Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran interaktif diharapkan membantu peserta didik dalam memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan guru. sehingga dapat di terima dengan mudah oleh siswa
Nizala anas zidana (2000001125)
Nama : Laili Rakhma Aidhina
NIM : 2000001108
PTLBK E
Perkembangan zaman dengan adanya tekhnologi-tekhnologi yang semakin maju sehingga memunculkan ide kreatif di bidang pendidikan salah satunya dengan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan tik tok. Sangat keren dan perlu di implementasikan langsung di bidang pendidikan apalagi anak zaman sekarang sudah tidak asing dengan yang namanya tik tok, kebanyakan dari mereka juga kesehariannya tak lupa dengan menonton konten di tik tok. Sehingga agar tik tok ini lebih bermanfaat dalam pembelajaran anak-anak sangat bagus diterapkan tik tok sebagai media pembelajaran.
R. Ilham Fauzi Wiranugraha
2000001129
PTLBK E
Dengan adanya platfrom tiktok ini menjadi kita sebagai generasi muda milenial menjadi semakin berkembang di dunia pendidikan yang ada di platform tersebut. Karena platform tersebut menjadikan wawasan dan cara berpikir kita menjadi lebih luas ya karena dari edukasi dari kreator yg menggunakan platform tersebut. Dan penyampaian pun menarik, unik, enak didengarkan.
Nama : Aliftiana Abiyyah Safitri
NIM : 2000001118
Kelas : PTLBK E
Tentu saja sangat setuju, dengan adanya teknologi yang semakin maju dan berkembang sudah seharusnya kita sebagai anak milenial dapat memanfaatkan teknologi ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi zaman sekarang anak tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Oleh karena ituu, kita sebagai calon guru BK pada masa yang akan datang sudah seharusnya dapat mengembangkan media pembelajaran melalui aplikasi. Salah satunya yaitu melalui Tik Tok. Dengan aplikasi tik tok kita bisa mengembangkan layanan konseling, melakukan edukasi dan membagian materi pembelajaran mengenai bimbingan dan konseling. Dengan adanya apk Tik Tok ini, tentu membawa banyak manfaat jika kita menggunakannya dengan bijak. Kita juga bisa mengembangkan materi pembelajaran dengan fitur-fitur yang menarik agar siapapun yang mempelajarinya semakin paham dan merasakan nyaman dalam proses pembelajarannya.
Nama : Henisa Hildayana
Nim : 2000001106
PTLBK E
Sangat setuju dan bagus palagi zaman milenial yang kebanyakan remaja menggunakan sosial media salah satunya yaitu tiktok yang sangat mudah di terima anak zaman sekarang , apalagi dalam materi bimbingan dan konseling bisa di olah dengan menarik menggunakan teknologi tiktok yang anak sekarang mudah menerima.
Nama : Yunan Nur Cahyo Ws
NIM : 2000001110
Menurut pendapat saya sangat menarik sekali, apalagi pada era berkembang pesatnya teknologi di jaman sekarang ini, sebagian besar kalangan anak-anak muda saat ini sangat gemar sekali menggunakan aplikasi tiktok untuk sekedar mencari hiburan serta wawasan yang lebih. Selain itu juga aplikasi tiktok ini sangat mudah untuk menyebarkan informasi yang disebur fyp pada aplikasi tersebut. Aplikasi tiktok tidak hanya berisikan konten yang menghibur, tetapi juga banyak sekali konten tentang pembelajaran, informasi tentang karir dll.. oleh karena itu kita sebagai pendidik jaman now, harus kreatif dalam memberikan informasi-informasi dan wawasan yang luas.
Nama : Yunan Nur Cahyo Ws
NIM : 2000001110
Menurut pendapat saya sangat menarik sekali, apalagi pada era berkembang pesatnya teknologi di jaman sekarang ini, sebagian besar kalangan anak-anak muda saat ini sangat gemar sekali menggunakan aplikasi tiktok untuk sekedar mencari hiburan serta wawasan yang lebih. Selain itu juga aplikasi tiktok ini sangat mudah untuk menyebarkan informasi yang disebur fyp pada aplikasi tersebut. Aplikasi tiktok tidak hanya berisikan konten yang menghibur, tetapi juga banyak sekali konten tentang pembelajaran, informasi tentang karir dll..
Nama: Ummu Zahra Habibah
NIM: 2000001109
PTLBK E
Dengan adanya konten edukasi di tiktok, selain mengoptimalkan pembelajaran di era digital, juga menggerus konten-konten yang seharusnya tidak layak dipertontonkan untuk anak usia sekolah yang mana banyak menggunakan aplikasi tersebut. Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak konten kreator edukasi yang mengisi laman tiktok.
Nama : Aulia Dwinda Putri
Nim : 20000001105
PTLBK E
Tiktok merupakan media yang sangat bisa membantu para anak untuk belajar dengan cara yang berbeda dan menarik, sehingga para anak juga lebih cepat untuk menerima informasi yang ditampilkan. Dengan perkembangan zaman digital sekarang yang maju ini sangat membantu para pendidik untuk lebih mengembangkan model media belajar yang lebih mudah dan lebih cepat diterima oleh muridnya, salah satunya dengan menggunakan platform aplikasi TikTok sebagai media pembelajarannya.
Nama : Selvi Indah Retfika Mugitami
NIM : 2000001126
Kelas : PTLBK E
Setuju dengan adanya media platform tiktok ini sangat berguna untuk media pembelajaran interaktif karena jika di lihat pada zaman sekarang hampir semua remaja mempunyai aplikasi tiktok ini. Nah, dengan begitu dalam proses kegiatan pembelajaran akan lebih efesien jika menggunakan media ini sebab anK zaman sekarang lebih menyukai proses kegiatan belajar yang di laksanakan sesuai dengan perkembangan zaman di era sekarang.
Nama : Puspita Nurani
Nim : 2000001112
Kelas : PTLBK E
Saya setuju dengan munculnya aplikasi tiktok. Dengan adanya aplikasi tiktok pembelajaran terasa menarik karena tiktok sifatnya hiburan, dengan adanya pembelajaran yang diinovasi dengan tiktok membuat pembelajaran tidak membosankan. Tidak memberatkan siswa karena mengikuti perkembangan zaman. Namun disamping itu, dengan adanya tiktok kita juga harus pintar dalam menyaring informasi yang masuk agar kita tidak terpengaruh hal yang buruk.
Nama : Jihan Putri Umami
NIM : 2100005076
Kelas : PGSD 2B
Jaman sekarang memang semua dari kita diharuskan mengikuti perkembangannya agar tidak ketinggalan jaman. Seperti yang kita tahu, banyak sekali anak-anak yang mengerti bahwa aplikasi tiktok hanya untuk membuat konten joget, dsb.
Namun, terdapat perencanaan pembelajaran melalui tiktok ini tentu menjadi inovasi yang sangat bagus. Sebab, untuk menambah kreatifitas dan daya kinerja otak para siswa berkembang. Video yang dikemas durasi cukup lama tentu membuat para siswa bosan, dengan adanya tiktok video pembelajaran yang singkat namun jelas ini tentu membuat para siswa semangat belajar. Dan perkembangan teknologi karena adanya perencanaan pembelajaran melalui tiktok ini, diharapkan pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
Nama : Winda Safitri
NIM : 2100005068
Kelas : B
Saya setuju dengan adanya pemanfaatan tiktok sebagai media pembelajaran karena mayoritas mahasiswa menggunakan tiktok sebagai media sosial yang paling sering digunakan. Dikarenakan tiktok menyediakan sarana pendidikan yang lumayan bisa menambah wawasan siswa maupun mahasiswa dengan pembahasan yang bisa dengan mudah dipahami.
Nama : PUTRI ANDHINA SARASWATI
NIM : 2100005094
Kelas : 2B-PGSD
Mata kuliah : Teknologi Pendidikan
Aplikasi TikTok menurut saya sangat bermanfaat serta membantu dalam peningkatan pendidikan saat ini. Karena banyak anak anak yang menggunakan TikTok, yang mana apabila TikTok ini juga menyediakan fasilitas untuk pembelajaran, maka seorang anak ini dapat memanfaatkan TikTok tidak hanya untuk hiburan saja. Selain itu di TikTok juga banyak fitur-fitur yang dapat mendukung untuk membuat konten pendidikan ini, seperti greenscreen, fitur duets, dan lain sebagainya.
Nama : Juwinta Lusiana
NIM : 2100005071
Kelas : 2B
Pendapat saya, pembelajaran melalui media tiktok bisa diterapkan di dunia pendidikan di zaman sekarang. Dilihat dari perkembangan teknologi yang sangat berkembang pada saat ini, tiktok cocok dijadikan media pembelajaran. Tiktok menjadi media nomor satu yang disukai oleh banyak kalangan terutama remaja. Banyak sekali remaja di Indonesia yang mempunyai akun tiktok. Oleh karena itu, jika pembelajaran dilakukan melalui aplikasi tiktok, akan banyak sekali remaja yang bisa memanfaatkan ilmu dan pengetahuan dari tiktok. Dibalik sebagai media hiburan, tiktok juga cocok dijadikan media pembelajaran di dunia pendidikan.
Nama : Indah Legita
NIM : 2100005064
Kelas : 2B
Saya pribadi setuju dengan adanya tiktok sebagai suatu aplikasi yang dipergunakan sebagai bagian dalam proses pembelajaran, karena adanya filter dan beberapa fitur yang mendukung pengguna untuk membuat konten secara individu atau collab ke arah yang positif, semakin banyak konten pendidikan dalam media sosial tiktok dapat mengubah pandangan masyarakat tentang sisi negatif tiktok. Di era saat ini mayoritas remaja dan pemuda di Indonesia merupakan mengguna tiktok sehingga konten pendidikan sangat cocok diterapkan pada media sosial seperti tiktok
Nama : Prahita Filma Ayuningtyas
NIM : 2100005073
PGSD-2B
Matkul: Teknologi Pendidikan
saya setuju dengan adanya aplikasi tik-tok untuk pendidikan, karena menurut saya zaman sekarang ini sudah banyak yang menggunakan tik-tok dan anak-anak lebih suka pembelajaran yang praktis dan cepat. nah dengan tik-tok yang serba ada, cepat, praktis memudahkan mereka mengakses untuk belajar. dengan aplikasi tik tok ini anak-anak akan lebih banyak memperoleh informasi atau bahkan materi dan anak-anak pun pasti tidak akan bosan dalam belajar melalui tik-tok ini.
Nama : Rizka Amalia
Nim :2100005077
Kelas : 2B PGSD
Mata Kuliah : Teknologi Pendidikan
menurut saya tiktok sangat bermanfaat bagi kita secara banyak fitur fitur yang dapat di manfaatkan untuk pembelajaran agar pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton dan tetap mengikuti perkembangan zaman. disamping banyak manfaat yang bisa di dapatkan pada aplikasi tiktok kita juga harus tetap menyaring informasi yang akan diposting agar tidak ada kesalahan dalam memberikan informasi kepada oranglain atau peserta didik atau menerima informasi dari orang lain.
Nama : Elfifi priamita laviza
Nim : 2100005098
Kelas : 2B PGSD
Mata kuliah : Teknologi pendidikan
Saya setuju dengan Aplikasi tik tok sangat pembantu dan bermanfaat karena banyak sekali anak-anak, orang dewasa yang menggunakan aplikasi tik tok dan sangat bermanfaat bagi mahasiswa menggunakan tik tok karena kita bnyak vidio yang bermanfaat tik tok juga menyugah berbagai macam musik untuk latar video sehingga penggunkan vidio yang lebih menarik
Nama: Defi Rahmadani Pakabu
Nim : 2100005078
Kelas : 2B PGSD
Mata Kuliah : Teknologi Pendidikan
Saya setuju dengan aplikasi tik tok sangat bermanfaat bagi kita secara banyak fitur fitur yang dapat di manfaatkan untuk pembelajaran agar pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton dan tetap mengikuti perkembangan zaman.
Dibalik sebagai media hiburan, tiktok juga cocok dijadikan media pembelajaran di dunia pendidikan.
Nama : Mely Agustin Rahma Sari
Nim : 2100005107
Kelas : 2 C PGSD
Mata Kuliah : Teknologi Pendidikan
saya sangat setuju dengan adanya aplikasi tiktok yang saat ini banayak memberikan pengaruh positif bagi dunia pendidikan . Banyak sekali efek yang mendukung diaplikasi tiktok dalam pembelajaran. Hal ini sanggat bermanfaat untuk menunjang kreativitas pelajar dalam membuat suatu karya. Tiktok pun merupan alternatif pembelajaran yang lebih inovatif dan tidak monoton sehingga pelajarpun tidak cepat bosan. Sehingga di era digital seperti ini pelajar tidak buta akan teknologi. Tetapi kembali lagi kepada diri masing-masing bahwa halnya dalam menggunakan aplikasi tiktok harus bijak dalam menggunakan aplikasi tersebut, agar tidak mudah percaya dan terjerumus konten-konten yang mengandung Hoax.
Nama : Rahardian Aryafirdha Zuhdi
Nim : 2100005033
Kelas : 2A PGSD
Menurut saya tiktok sangat berguna bagi pendidikan sekarang ini. Tiktok dapat di pergunakan kita untuk mencari informasi tentang pelajaran yang kita lakukan, di tiktok juga banyak vidio vidio yang menginspirasi kita untuk menjadi baik dan lebih baik
Nama : Mukti Ali Firmansyah
NIM : 2100005034
Kelas : 2A
Saya setuju karena menurut saya tik tok di era saat ini membawa dampak positif bagi dunia pembelajaran, meskipun tik tok membawa dampak positif tetapi kita harus pintar pintar menggunakan tik tok tersebut terutama untuk anak anak harus ada pendampingan dari orang tua
Nama : Fuad Aditya Nugraha
Kelas :2A
Nim : 2100005032
Menurut saya tik tok sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan apalagi pada era pandemi saat ini,ada berbagai fitur yang tercantum di tik tok,tapi meskipun sangat berguna kita harus pintar pintar menggunakan tik tok tersebut terutama bagi anak anak kecil harus diawasi oleh orang dewasa atau anak anak, tiktok juga bisa menambah informasi dengan cepet karena banyak orang yang meng upload berita berita tertentu.
Nama: Ahmad Fajar Mas’udi
NIM: 2100005026
Kelas: 2A PGSD
menurut saya Tiktok itu bagus untuk pembelajaran karena kita bisa belajar dengan mudah yang sama halnya seperti sosial media lainnya, tetapi jika yang menggunakan adalah anak-anak maka Kita perlu memberikan pengawasan
Nama : Nova Hardiansyah
Nim : 2100005070
Kelas : 2B
Saya sangat setuju,karena dengan model pembelajaran seperti ini,peserta didik akan jauh lebih paham akan materi serta mengikuti perkembangan zaman dimana tekhnologi mulai diterapkan pada model pembelajaran.Hal ini tentunya akan membuat peserta didik jauh lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran,disamping itu,juga aplikasi ini sudah sangat dipahami dan digunakan oleh para anak muda generasi sekarang sehingga akan jauh lebih mudah dalam proses penggunaannya.
Nama : Kharismaningtyas Az-Zahra Putri
NIM : 2100005067
Matkul : TP kelas B
Saya setuju dengan artikel diatas, karena menurut saya, penggunaan tiktok di tengah perkembangan teknologi semakin maju akan sangat berdampak untuk segala kalangan masyarakat. terutama seorang pendidik, penggunaan tiktok sebagai metode pembelajaran baru tentu akan dirasa sangat inovatif dan lebih mudah ditangkap oleh peserta didik yang waktunya sebagian besar dihabiskan untuk scrolling sosial media terutama tiktok yang menjadi salah satu dari 3 teratas aplikasi yang digunakan masyarakat digital Indonesia saat ini. Selain inovatif, hal tersebut dapat meningkatkan kreativitas pengguna/kreator tiktok untuk dapat menggunakan tiktok lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat luas. Sehingga dapat memperbaiki ekosistem sosial media yang selalu dipandang negatif oleh sebagian orang..
Nama : Anisa Sujatningsih
Nim : 2100005048
Kelas : 2A
Pada era sekarang tiktok sangat berguna bagi pembelajar karena aplikasi tiktok sendiri banyak di minati dan di gunakan bagi semua kalangan maka dari itu konten-konten edukasi harus semakin di perbanyak agar para pelajar dapat menggunakan tiktok tidak hanya sebagai hiburan tetapi proses pembelajaran yang sangat menyenangkan dan mudah di pahami
Nama : Yosi Husaodah
NIM. : 2100005072
Kelas : 2B PGSD
Saya setuju,karena dengan adanya tiktok dapat menjadi alternatif pembelajaran agar tidak monoton.Apalagi jaman sekarang tiktok banyak diminati oleh berbagai kalangan dan sudah seharusnya dapat menjadi media belajar bagi siswa agar siswa tidak mudah bosan.
Nama : Titis Arumsari
Nim : 2100005055
Kelas : 2B PGSD
Dari artikel di atas menurut saya pribadi setuju adanya pembelajaran melalui aplikasi tik tok , karena apikasi tik tok dapat membuat siswa bisa berkreatif dalam menuangkan ide idenya dan ber inovasi. Pembelajaran melalui tik tok sendiri menurut saya membuat pelajaran tidak membosankan , namun membuat siswa senang.
Pembelajaran melalui tik tok sendiri menurut saya dapat memanfaatkan dari perkembangan teknologi pada zaman sekarang di dalam dunia pendidikan,tik tok dalam media pembelajaran menurut saya sangat menarik. tik tok sendiri sekarang menjadi trend dari berbagai kalangan masyarakat di indonesi
Repita Purnama Sari (2100005126)
Saya sangat setuju bahwasanya tiktok menjadi media dalam pembelajaran. karena hampir semua orang mendownload aplikasi ini yang sedang trend pada masa sekarang. Tiktok banyak sekali ditonton itu baik dari kalangan dini,dewasa, hingga orang tua, bahkan bisa diakses seluruh dunia. Maka dari itu, jika pembelajaran di lakukan melewati aplikasi tiktok ini sangatlah lebih menyenangkan karena peserta didik akan lebih bisa mengingat. Karena pada dasarnya,ini merupakan alternatif pembelajaran yang lebih efektif untuk di lakukan. Tidak hanya itu-itu saja yang di berikan dari pendidik kepada peserta didik.
Tiktok bukan hanya aplikasi untuk sekedar hiburan akan tetapi tiktok juga bisa kita gunakan untuk membagikan banyal ilmu pengetahuan melalui vidio yang semearik mungkin agar belajar terkesan tidak membosankan.
Nama : Dira Trisna Ayunda
NIM : 2100005134
Nama : Rina Maryana
NIM : 2100005105
Kelas : 2C
Setuju, dengan adanya pembelajaran melalui tiktok bisa membuat anak menjadi lebih bersemangat dan tidak bosan akan penyampaian materi yang menggunakan platform itu itu saja. Dengan tiktok juga bisa membuat anak menjadi kreatif akan pengerjaan tugas video yang di minta oleh pendidik nya.
Nama: Salsa Alifia Citra
Nim: 2100005099
setuju dengan tulisan pak lovandri,memang tidak dapat di pungkiri bahwa tik tok pasti ada sisi negatif dan positifnya,namun banyak juga hal yang dapat di ambil manfaatnya dimana penggunanya dapat menyalurkan kreativitasnya dengan membuat video singkat kemudian mengunggahnya. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam berkarya seperti filter, music, pengubah suara, pengedit video, sticker, dan masih banyak lagi. Jadi itu semua balik ke diri pribadi masing masing,bagaimana cara kita menghadapi perkembangan teknologi tapi dengan cara positif
Nama : Arfita Marceliana
Nim : 2100005066
Kelas : 2B PGSD
Saya setuju dengan adanya tiktok dalam pendidikan, kerena dapat menjadi alternatif pembelajaran yang menarik dan kreatif, apalagi sekarang zamanya teknologi. Dan tiktok mampu membuat kalangan pelajar dan mahasiswa tertarik untuk dijadikan media belajar dan bagi para guru dan dosen sebegai media pembelajaran
Nama: Revi Indriani
Kelas : 2C
Prodi : PGSD
Saya tentu setuju, sejauh ini banyak sekali pembelajaran yang saya dapat dari belajar penggunaan aplikasi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk media pembelajaran, belajar memasak dan terdapat resep juga yang terantum dalam video serta komentarnya, belajar publik speaking juga dan masih banyak hal lainnya.
Tentu saja saya setuju ya dengan aplikasi tiktok ini digunakan apalagi untuk pembelajaran supaya menarik dan tidak membosankan. Tergantung nanti para facilitatornya membuat konten semenarik mungkin untuk membuat para peserta didik merasa sangat menikmati proses pembelajaran.
(Isi konten tiktok tergantung apa yang kalian sukai)
Nama: Riana Pangestuti
NIM: 2100005128
Kelas: PGSD-C
Saya setuju jika tiktok digunakan untuk media pembelajaran karena banyak konten kreator yang memberikan edukasi lewat kontennya.Namun tidak bisa dipungkiri masih banyak konten yang tidak bermanfaat bahkan mengandung efek negatif yang dapat mempengaruhi perilaku anak. Masih banyak platform yang bisa digunakan untuk mendukung pembelajaran yang di dalamnya tidak ada efek negatif, dimana hanya memang dikhususkan untuk media edukasi. Dengan demikian, Tik Tok bisa digunakan untuk media pembelajaran bagi peserta didik menengah pertama dan keatas, namun tidak untuk peserta didik sekolah dasar, karena peserta didik sekolah dasar masih belum bisa memfilter konten negatif atau positif yang muncul di FYP.
Nama : afifah dyah ambar kusuma
Nim : 2100005095
Menurut saya aplikasi tiktok sangat membantu dalam hal edukasi dan juga pembelajaran dalam menggunakan aplikasi tiktok sangat diminati oleh peserta didik. aplikasi tiktok dapat di akses oleh banyak umur termasuk orang tua. Namun terdapat sisi negatifnya yaitu dengan tidak adanya batasan usia maka hal yang seharusnya tidak dilihat oleh anak anak menjadi dilihat. Aplikasi tiktok juga banyak sekali fitur seperti mengedit foto atau video sehingga kita tidak perlu mengedit di platfom lain dan mengunggahnya di tiktok.
Nama : Tia Erliani
Nim : 2100005135
Kelas : 2C PGSD
Saya sangat setuju dengan artikel yang ada di atas, yang dimana pembelajaran dilakukan di salah satu platform yaitu di aplikasi tiktok. Dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini sudah seharusnya kita memperbaiki media pembelajaran bukan hanya di lakukan di dalam ruangan saja tetapi bisa di lakukan kapan saja dan di mana saja dalam menuntut ilmu. Apalagi sekarang hampir 90% orang sudah mempunyai aplikasi tiktok di handphone nya masing-masing yang artinya aplikasi tiktok tersebut sudah tidak awam lagi bagi kita. Alangkah sebaiknya kita memanfaatkan hal tersebut untuk melakukan proses pembelajaran
Nama: Amelia Rullytianingrum
Nim: 2100005131
dari artikel ini, saya setuju akan platform Tiktok yang digunakan sebagai media pembelajaran. karena kita ambil dari sisi positifnya saja banyak sekali fitur-fitur menarik yang dapat digunakan para guru atau pendidik lainnya menjelaskan pelajarannya dll. dan dengan fitur-fitur itu juga dapat membantu para peserta didik untuk bisa lebih memahami materinya. karena ada beberapa murid yang dia susah memahami materi dan mungkin mudah jenuh dan bosan jika pelajarannya begitu-begitu saja. nah dengan mungkin fitur-fitur unik yang ada di TikTok dan guru juga dapat menjadi lebih kreatif untuk memberikan bahan ajar yang terbaik agar muridnya tidak jenuh dan dapat memahami materi yang di sampaikan.
Nama : Finka Chindiana Sari
NIM : 2100005038
KELAS : 2A-PGSD
Saya setuju dengan artikel diatas, menurut pendapat saya aplikasi tiktok bisa digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan adanya aplikasi ini tentu akan membantu tenaga pendidik serta siswa akan mempermudah untuk memahami materi. Contohnya : kreator yang fokus membuat konten-konten edukatif seperti soal-soal serta penjelasan tentang latian soal UTBK. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.
Nama : Nur Atikah
NIM : 2100005041
Kelas : 2A PGSD
Saya sangat setuju dengan artikel di atas. Dimana tik tok di jadikan metode pembelajaran di era digital seperti sekarang ini. Tik tok yang biasanya hanya untuk joget-joget dan scrolling tidak jelas, kini disetiap scrolling mereka akan mendapati konten dan live yang bermanfaat, jadi scrolling sambil belajar. Dengan adanya tik tok sebagai pembelajaran baru, belajar menjadi tidak terkesan membosankan atau hanya itu- itu saja, apalagi topik pembelajarannya sesuai dengan apa yang mereka sukai. Sempat saya melihat live tik tok seorang bapak mengajarkan tentang topik matematika, alhasil hampir 2 ribu orang yang menonton dan banyak yang menulis di kolom komentar seperti bertanya dan memuji bapaknya. Jadi disini, banyak hal yang positif sebenarnya dari tik tok. Dengan adanya pembelajaran lewat tik tok diharapkan anak-anak lebih mudah mengerti lebih meningkatkan antusiasnya dalam belajar.
Nama : Wahyu Dhea Febrianti
NIM : 2100005120
Kelas : PGSD 2C
Saya setuju dengan pembahasan mengenai Tiktok yang telah disampaikan pada artikel diatas. Tiktok sekarang telah menjadi trend senter di hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia bahkan dunia. Dengan adanya tiktok ini, kita sebagai para penggunanya dapat dengan mudah mendapatkan informasi ataupun segala sesuatu yg mungkin kita belum tau sebelumnya. Dalam era digital ini, dunia pendidikan kini mulai mengembangkan penggunaan media pembelajaran sesuai zaman. Salah satu platform yang kini sering digunakan oleh para pelajar atau mahasiswa adalah aplikasi Tiktok. Dimana dalam pembuatan video, para kreator dapat mengembangkan kreativitasnya dalam membuat isi konten yang dapat mengedukasi para pengguna tiktok yang membukanya. Para kreator dapat menyampaikan materi pembelajaran yang dibuat dengan dikemas secara singkat dan menarik sehingga anak atau pengguna tiktok yang membukanya tidak merasa bosan dan menikmati video pembelajaran yang disediakan. Selain itu, banyak fitur-fitur yang menarik yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam penggunaan aplikasi Tiktok ini. Seperti adanya filter stitch, video background, duet, dan lain sebagainya yang dapat digunakan untuk memberikan balasan ataupun tanggapan yang ingin disampaikan dalam bentuk video setelah menonton video pembelajaran. Namun, dengan berbagai nilai positif yang dapat diambil, terdapat juga nilai negatif yang dapat ditimbulkan dengan penggunaan tiktok yang salah dan juga menknton video konten yang tidak bermanfaat. Dengan begitu, kita sebagai mahasiswa atau pelajar yang mengakses aplikasi tiktok ini harus mampu menyikapi hal-hal tersebut dengan benar dan mampu memanfaatkan aplikasi Tiktok dengan baik, agar kita dapat mendapatkan informasi serta dapat menambah pengetahuan serta wawasan yang lebih luas dengan kita menggunakan aplikasi Tiktok dengan baik dan benar.
Nama : Anggun Asmorojati
Nim : 2100005104
Kelas : 2C
Prodi : PGSD
Menurut pendapat saya sangat menarik apabila TikTok dijadikan sebuah media pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran menjanjikan untuk membantu siswa memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. TikTok memang dicap negatif oleh beberapa orang, tetapi platform ini masih dicintai oleh anak-anak saat ini. Terutama bagi saya yang sering aktif di digital advertising, yang saya lihat adalah TikTok merupakan platform digital yang menjanjikan. TikTok sama seperti aplikasi media sosial lainnya. Tergantung pemakaiannya, kalau dipakai untuk hal-hal yang positif ya bagus, tapi kalau dipakai untuk hal-hal yang negatif juga tidak baik.
Nama : Anggun Asmorojati
Nim : 2100005104
Kelas : 2C
Prodi : PGSD
Menurut pendapat saya sangat menarik apabila TikTok dijadikan sebuah media pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran menjanjikan untuk membantu siswa memahami dan menerima proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru. TikTok memang dicap negatif oleh beberapa orang, tetapi platform ini masih dicintai oleh anak-anak saat ini. Terutama bagi saya yang sering aktif di media sosial, yang saya lihat adalah TikTok merupakan platform digital yang menjanjikan. TikTok sama seperti aplikasi media sosial lainnya. Tergantung pemakaiannya, kalau dipakai untuk hal-hal yang positif ya bagus, tapi kalau dipakai untuk hal-hal yang negatif juga tidak baik.
Nama: Meilani Andhika Kusumaningtyas
NIM : 2100005121
Kelas: 2C – PGSD
Saya sangat setuju dengan isi pembahasan ini, dimana pada zaman sekarang khususnya sudah semua hal sudah tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan kemajuan teknologi, khususnya dalam pendidikan. Banyak platform yang dapat digunakan untuk menunjang dan mendukung kelancaran suatu pembelajaran, salah satunya pada platform Tik Tok. Dari pengalaman saya sendiri dimana saya juga pengguna Tik tok, saya tidak hanya mendapati konten konten yang menarik tetapi juga bermanfaat. Hal tersebut sering saya temui yang berkaitan dengan materi-materi pembelajaran, hal-hal edukatif, tutorial-tutorial bahkan penjelasan seperti cara cepat (rumus) dalam menyelesaikan suatu persoalan atau pertanyaan (Matematika dll). Hal tersebut sangat membawa nilai positif, dimana saya mampu belajar dengan media yang berbeda yang tentunya lebih inovatif dan menarik (memiliki gambar, ilustrasi atau keterangan dalam video) yang dapat memberikan pemahaman yang lebih untuk saya khususnya sebagai peserta didik. Dan tak lupa juga, hal ini menjadi motivasi saya ketika saya menjadi seorang pendidik nantinya untuk memberikan suatu fasilitas pendidikan dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif, menarik dan tidak membosankan dengan memanfaatkan perkembangan kemajuan tekhnologi pada masa yang akan datang.
Nama: Eka sapitri
Nim. :2100005106
Kelas:2c_PGSD
Tambah canggihnya teknologi dan perkembangan zaman, tiktok merupakan aplikasi yang sangat tren di kalangan anak-anak,remaja bahkan orang dewasa.jadi tidak heran jika aplikasi ini sangat mudah di gunakan, tik tok ini juga dapat membuat kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja tidak ada batasan waktu yang di tentukan, kita juga bisa banyak belajar dari tiktok ini seperti mendapatkan pengetahuan baru, seperti bagaimana cara memasak, dan kita juga bisa menemukan kata-kata motivasi dan lainnya, asalkan kita bisa memilih mana yg baik untuk kita dan mana tidak baik untuk kita, dari aplikasi tiktok ini kita dengan sangat mudah untuk mengunakan media pembelajaran pada era modern ini
TikTok menjadi salah satu platform andalan yang sering kali digunakan untuk membuat berbagai macam konten positif. konten positif yang bisa di buat di TikTok adalah terkait edukasi dan juga terkait keterampilan. Video terkait berbagai macam edukasi yang bisa didapat dari Tiktok. Mulai dari edukasi kesehatan, terkait pembelajaran yang mana semua kalangan bisa berbagi pengetahuan kepada pengguna
TikTok lainnya. Hingga banyak terkait video keterampilan dari para pelajar seperti keterampilan menggambar yang dituangkan di platform TikTok tersebut. Adapun hal-hal negatif juga yang marak beredar di aplikasi TikTok. Hal yang sering kali dijumpai seperti beredarnya berbagai macam jenis informasi yang tidak valid, cukup banyak orang yang mencari sebatas sensasi, tren-tren yang tidak sepatutnya di petontonkan kepada publik, hingga konten-konten dewasa yang bertebaran disana. Sangat di khawatirkan jika banyak generasi milenial yang mengikuti tren negatif di tiktok yang mana dikhawatirkan memengaruhi mereka di kehidupan sehari hari. Hingga membuat mereka jadi kecanduan berlama-lama di aplikasi TikTok.
Jadi menurut pendapat saya pakailah platform yang baik dan sewajarnya jika menggunakan aplikasi tiktok dan tidak perlu mengikuti tren tren negative.
Nama : Lutfia Citra Priastini
Nim : 2100005125
kelas : 2C
TikTok menjadi salah satu platform andalan yang sering kali digunakan untuk membuat berbagai macam konten positif. konten positif yang bisa di buat di TikTok adalah terkait edukasi dan juga terkait keterampilan. Video terkait berbagai macam edukasi yang bisa didapat dari Tiktok. Mulai dari edukasi kesehatan, terkait pembelajaran yang mana semua kalangan bisa berbagi pengetahuan kepada pengguna TikTok lainnya. Hingga banyak terkait video keterampilan dari para pelajar seperti keterampilan menggambar yang dituangkan di platform TikTok tersebut. Adapun hal-hal negatif juga yang marak beredar di aplikasi TikTok. Hal yang sering kali dijumpai seperti beredarnya berbagai macam jenis informasi yang tidak valid, cukup banyak orang yang mencari sebatas sensasi, tren-tren yang tidak sepatutnya di petontonkan kepada publik, hingga konten-konten dewasa yang bertebaran disana. Sangat di khawatirkan jika banyak generasi milenial yang mengikuti tren negatif di tiktok yang mana dikhawatirkan memengaruhi mereka di kehidupan sehari hari. Hingga membuat mereka jadi kecanduan berlama-lama di aplikasi TikTok.
Jadi menurut pendapat saya pakailah platform yang baik dan sewajarnya jika menggunakan aplikasi tiktok dan tidak perlu mengikuti tren tren negative.
Nama : Aliffa Hananta Heraya
Nim : 2100005108
Kelas : 2C
Prodi : PGSD
saya setuju karena bahwa tik tok digunakan sebagai media pembelajaran karena teknologi semakin maju dan rata – rata anak sekarang suka bermain tik tok, maka dari itu kita bisa mengambil kesesmpatan bahwa tik tok sebagai media pembelajaran.
Nama : Annisaa Dwi Aryanti
Kls : 2c
Pgsd
Teknologi pendidikan
Menurut pendapat saya itu setuju karena mudah di gunakan dan menyediakan banyak fitur berbeda sesuai kebutuhan pendidikan,mulai dari filter ganti background Vidio ,stich atau diet Vidio dan masih banyak lagi fitur lain yg harus di eksplore oleh pendidik,dan metode pengajaran digital ini juga menjadi upaya Kemendikbudristek untuk menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media sumber pembelajaran
Nama : Annisaa Dwi Aryanti
Nim : 2100005101
Kls : 2c
Pgsd
Teknologi pendidikan
Menurut pendapat saya itu setuju karena mudah di gunakan dan menyediakan banyak fitur berbeda sesuai kebutuhan pendidikan,mulai dari filter ganti background Vidio ,stich atau diet Vidio dan masih banyak lagi fitur lain yg harus di eksplore oleh pendidik,dan metode pengajaran digital ini juga menjadi upaya Kemendikbudristek untuk menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media sumber pembelajaran.
Nama: Syifa Zahra Husnaya
NIM : 2100005109
PGSD 2 C
Menurut saya, aplikasi tik – tok sebagai media pembelajaran cukup menarik karena dibalik citranya yang buruk bagi sebagian orang yang tidak berfikir terbuka, namun ternyata aplikasi tik – tok juga mempunyai manfaat, saya sudah merasakan manfaatnya seperti ketika mencari tutorial untuk mengerjakan tugas, revrensi untuk berpakaian, mecari resep masakan, dan mencari ilmu baru yang sebelumnya belum saya ketahui dengan lebih menarik dan menyenangkan.
Nama : Anugrah diva ergian
Nim : 2100005096
Kelas : 2B_PGSD.UAD
Penggunaan media sosial pada masa sekarang ini memiliki banyak manfaat yang baik apabila kita bisa bijak dalam mempergunakannya, media sosial bisa menjadi perantara antara kita dan dunia luas dari media sosial kita bisa mendapat banyak ilmu yang apabila kita bisa menyaring nya dengan baik maka ilmu tersebut akan membawa manfaat baik bagi kita
Nama:Anisa Nur Azizah
Kelas:2C
NIM:2100005110
Saya setuju jika aplikasi tiktok dapat dijadikan media pembelajaran,meskipun tentu saja ada dampak negatifnya dari aplikasi berikut akan tetapi dampak positif dari apk tsb pun lumayan banyak.
Dampak Positif dari Penggunaan Aplikasi Tik Tok menjadi media pembelajaran interaktif bertujuan agar dapat membantu peserta didik dalam memahami serta menerima proses pembelajaran yang dilakukan Oleh pendidik. Aplikasi ini juga mudah diakses dan tidak membosankan menurut saya karna konten edukasi yang ada ditiktok di kemas menjadi menarik,padat dan jelas serta tidak terlalu panjang durasinya jadi tidak terlalu membosankan
Nama : Aprilia Cyahyani Rupilu
Nim : 210005018
Kelas : 2A – PGSD
Saya setuju, dengan penggunaan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran yang interaktif. Dimana penggunaan sosial media saat ini dapat menghasilkan banyak manfaat yang baik tergantung dari bagaimana cara kita mempergunakannya. Yang mana aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur yang dapat kita pakai, agar dalam proses pembelajaran tidak terlalu membosankan.
Nama: Innaka Luthfi Putri Winasti
NIM: 2100005053
Kelas: 2B
Dari artikel diatas saya pribadi setuju. Dengan menjadikan tiktok sebagai media pembelajaran, siswa tidak mudah bosan dalam belajar. Tiktok ini juga memberikan peluang bagi siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran. Ditik tok pembelajaran tidak hanya guru saja yang berceramah, tetapi siswa bisa juga ikut aktif dalam pembelajaran tersebut. Seperti dengann memanfaatkan fitur stich, dalam fitur tersebut seseorang dapat mengutarakan pendapatnya melalui vidio. Sehingga dalam proses belajar, tidak hanya guru saja yang aktif tetapi siswa juga terlibat aktif. Apalagi di zaman sekarang tiktok merupakan salah satu aplikasi yang sangat di gemari oleh hampir semua kalangan umur. Selain itu, tiktok juga menyediakan berbagai fitur yang dapat di manfaatkan dalam proses pembelajaran.
Nama: Tria Septiana
Nim: 2100005116
Kelas: 2C
Saya setuju dengan penggunaan tiktok sebagai media pembelajaran sebab tiktok tidak hanya memberikan dampak negatif bagi pengguna tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengguna khususnya kaum pelajar karena di dalam tiktok terdapat fitur-fitur menarik yang dapat meningkatkan kreativitas kita.Dengan tiktok kita dengan mudah mencari informasi,kita tinggal menuliskan hastag kita dapat menemukan informasi tersebut dengan mudah yang dikemas dengan unik dan menarik sehingga kita tidak bosan dalam memahaminya
Nama: Tria Septiana
Nim: 2100005116
Kelas: 2C PGSD
Saya setuju dengan penggunaan tiktok sebagai media pembelajaran sebab tiktok tidak hanya memberikan dampak negatif bagi pengguna tetapi juga memberikan dampak positif bagi pengguna khususnya kaum pelajar karena di dalam tiktok terdapat fitur-fitur menarik yang dapat meningkatkan kreativitas kita.Dengan tiktok kita dengan mudah mencari informasi,kita tinggal menuliskan hastag kita dapat menemukan informasi tersebut dengan mudah yang dikemas dengan unik dan menarik sehingga kita tidak bosan dalam memahaminya.
Nama : Adisty Salsabila Firmansyah
Nim : 2100005132
Kelas : 2C
Prodi : PGSD
Saya setuju dengan pembelajaran melalui aplikasi tik-tok dengan mengikuti perkembangan teknologi di dalam dunia pendidikan,tik tok dalam media pembelajaran menurut saya sangat menarik karena sekitar 75% bahkan lebih generasi muda terutama anak remaja saat ini mereka bermain aplikasi tik tok yaitu untuk melihat vido untuk hal menghibur dikala waktu senggang kerja,kuliah,maupun sekolah. Menurut saya aplikasi tik tok untuk media pembelajaran para siswa tidak merasa bosan ketika melihat materi pembelajaran di aplikasi tik tok,karena materi pembelajarannya di kemas secara menarik dan secara ringkas tidak terlalu lama sehingga peserta didik lebih mudah memahami materi tersebut dibanding dengan melihat vidio pembelajaran melalui media lain yang membutuhkan waktu yang lama untuk menonton vidio tersebut,jika vidio materi pembelajaran tersebut waktunya banyak para siswa malas untuk membuka vidio tersebut dan banyak siswa yang skip materi vidio tersebut karena menurut mereka membosankan,tetapi dengan adanya materi pembelajaran melalui aplikasi tik tok ini siswa lebih dapat cepat memahami isi materi pembelajaran dan para siswa tidak merasa cepat bosan ketika menonton vidio materi belajar melalui aplikasi tik tok ini.
Nama : Titis Arumsari
Nim : 2100005055
Kelas : 2B PGSD
Dari artikel di atas menurut saya pribadi setuju adanya pembelajaran melalui aplikasi tik tok , karena apikasi tik tok dapat membuat siswa bisa berkreatif dalam menuangkan ide idenya dan juga dapat berinovasi. Pembelajaran melalui tik tok sendiri menurut saya membuat pelajaran tidak membosankan namun dapat menyenangkan dalam pembelajaran
Pembelajaran melalui tik tok sendiri menurut saya dapat memanfaatkan dari perkembangan teknologi pada zaman sekarang di dalam dunia pendidikan,tik tok dalam media pembelajaran menurut saya sangat menarik. Tak hanya itu tik tok sendiri sekarang menjadi trend dari berbagai kalangan masyarakat di indonesia.
Farhan amar hanif
2100005133
PGSD 2C
Untuk saat ini sangat cocok sekali digunakannya tiktok sebagai media pembelajaran seperti yang di bahas pada artikel di atas selain asyik karena tiktok merupakan inovasi baru untuk media pembelajaran juga akan bermanfaat kepada siapapun yang melihatnya
Nama : Azzahra Putri Ridani
NIM : 2100005037
Kelas : 2A – PGSD
Penggunaan sosial media tiktok sebagai media pembelajaran seperti yang dilakukan oleh high tech teacher adalah salah satu cara mengembangkan proses pembelajaran yang asyik, menyenangkan, dan mengikuti perkembangan teknologi. Menurut saya, penggunaan tiktok sebagai media pembelajaran adalah salah satu cara yang efektif dan dapat membuat peserta didik lebih tertarik dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya visualisasi yang baik, maka dapat memusatkan perhatian siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan membuat kelas menjadi lebih kondusif.
Selain itu, dengan pemanfaatan aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran juga dapat mematahkan stigma negatif bahwa tiktok hanya sebuah aplikasi yang tidak bermanfaat dan membuang waktu. Akan tetapi, tiktok bisa menjadi sebuah ajang dan wadah untuk para guru menjalankan proses pembelajaran dan untuk siswa mengembangkan kreativitas.
Nama : Labii Batul Khoiriah
Nim : 2100005130
Kelas : 2C
Saya sangat setuju jika tiktok baik sekarang ataupun kedepannya bisa digunakan sebagai media pembelajaran, karena pada dasarnya dan juga tidak bisa dipungkiri bahwasannya sekarang adalah era digital. Yang kita juga ketahui di era inilah, hampir semua orang yang rata-rata aktif dalam penggunaan smartphone/handphone. Dan yang mana juga banyak sekali baik dari anak-anak hingga dewasa yang mengikuti perkembangan zaman. Dan apalagi semua orang tidak asing lagi dengan salah satu aplikasi yang sedang trending dan populer, yakni Tiktok. Tiktok ini menurut saya meskipun bisa digunakan sebagai hiburan semata, namun juga mempunyai manfaat lainnya meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa juga memiliki kesan negatif karena banyak didalamnya yang membuat konten-konten tidak jelas, ataupun yang tidak seharusnya ditayangkan atau di unggah. Oleh sebabnya saya setuju sekali jika tiktok ini digunakan sebagai media pembelajaran. Karena apa? Ya karena menurut saya, kita bisa merubah sedikit kesan negatif dalam tiktok, yang awalnya mungkin banyak konten tidak baik seperti berjoget dan bisa di ubah menjadi konten yang edukatif, mendidik, atau yang berkaitan dengan pendidikan. Apalagi dengan berbagai fitur di dalamnya seperti bisa menambahkan teks di video, hastag, animasi, ataupun fitur lain untuk mengedit video sebelum video di upload. Sehingga peserta didik tidak jenuh juga dengan hanya belajar melalui media cetak seperti buku, nah oleh sebabnya titik bisa dihadirkan menjadi salah satu media pembelajaran yang tidak membosankan, dan sekaligus sebagai penyaluran konten pendidikan atau pembelajaran yang dapat menghibur, asik, kreatif, dan juga menyenangkan.
Nama : Annabila Tasya Azzahra
Kelas : PGSD 2B
NIM : 2100005079
Menurut saya aplikasi tiktok pada masa sekarang sangat bermanfaat untuk banyak kalangan. Karena banyak manfaat yang didapat dari aplikasi tiktok itu sendiri, dari sharing pembelajaran, make up, skincare, outfit, dan masih banyak lagi. Dengan adanya aplikasi ini kita juga bisa belajar memahami pembelajaran yang ada atau bisa menampilkan bakat kita yang positif. Tiktok sendiri juga memiliki banyak fitur didalamnya terutama pada durasi waktu lamanya tiktok , jadi bisa leluasa sharing video tiktok yang agak lama seperti 3menit -5menit jadi enak ajaa gitu sharing video dengan durasi waktu yang lama. Pada sharing video di tiktok jugaa tidak hanya berisi pembelajaran bisa yang lain jadi para penikmat video tiktok merasa senang dengan adanya banyak variasi video tiktok dan tidak merasa bosan dengan isi video yang itu-itu saja. Dan dari aplikasi tiktok ini menurut saya banyak yang bersifat positif karena dari video-video tiktok sendiri memberikan sebuah ilmu baru yang sebelumnya kita semua kuramg tau dengan materi ilmu tersebut, namun pasti juga ada yang negatif. Jadi, dari penggunaan aplikasi Tiktok ini kita dapat memanfaatkannya dengan baik dan diambil sisi positifnya dari isi tiktok, jika ada yang negatif bisa di skip atau dilaporkan kepada tiktok.
Nama : Elsanda Jasmine Sanjivani
NIM : 2100005008
Kelas : PGSD 2A
Saya setuju dengan ulasan diatas, tiktok sangat bermanfaat pada masa sekarang. Karena banyak content creator yang menyajikan edukasi dalam tiktok. Dengan menggunakan tiktok kita bisa menambah kreatifitas dalam menggunakan sosial media. Kita bisa juga menyebarkan konten edukasi yang sekiranya bermanfaat bagi sesama.
Saya setuju, karena saat ini anak-anak termasuk sata sendiri lebih banyak aktif di sosial media terutama tik-tok sebagai hiburan. Jadi, menurut saya jika pembelajaran dilakukan di aplikasi tik-tok peserta didik akan lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran dan nantinya aplikasi tik-tok tidak hanya dicap sebagai aplikasi untuk berjoget-joget saja tetapi juga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan.
Tarisa Alfira Wirdianne
2100005084
PGSD B
Nama : Sofi Kamila
NIM : 2100005012
Kelas : 2A PGSD
Saya setuju dengan konten edukasi yang ada di tiktok menjadi salah satu konten yang paling diminati, tidak heran jika banyak orang khususnya pendidik yang menggunakan tiktok sebagai media pembelajaran, aplikasi tiktok sebagai media pembelajaran interaktif dapat dengan mudah menciptakan pembelajaran yang interaktif.
Richinda Istri Cahyani
210005054
PGSD B
saya setuju dengan adanya pembelajaran yang dilakukan di aplikasi tiktok karena saat ini banyak anak anak yang menggunakan tiktok, jadi jika ada pembelajaran di tiktok mungkin akan membuat anak lebih bersemangat
Lusi Oktavia
2100005080
PGSD 2B
Saya setuju dengan adanya pembelajaran melalui aplikasi tiktok, karena jaman sekarang rata-rata anak menggunakan aplikasi tiktok. Adanya konten pembelajaran di dalamnya bisa memberikan pengetahuan lebih luas untuk penggunanya. Bagi para guru,dosen juga bisa membuat video pembelajaran untuk di sebar luaskan. Jadi pengguna tiktok bisa sambil belajar dan menghibur diri. kita harus ingat hanya konten positif dan memberikan kita ilmu saja yang perlu untuk di pelajari !
Nama : Fatimah Hurin Hanifah
Nim : 2100005010
Kelas : 2A – PGSD
Saya setuju karena aplikasi tiktok hadir dengan penggunaan dan komunikasi yang tepat dapat menjadi media pembelajaran yang menarik dan efisien. Aplikasi tiktok memudahkan guru untuk membuat pembelajaran interaktif sehingga dapat beradaptasi dengan lingkungan, situasi dan kondisi mereka. Namun dalam penggunaannya harus tetap diiringi dengan pengawasan dan bimbingan yang sesuai.
Saya Syifa Ana Hibatulloh 2100005083 2B PGSD
Saya sangat setuju dengan pendapat bahwa tiktok dapat dijadikan sebagai media pembelajaran. Karna jangkauan sangat luas, mulai dari kaum muda hingga tua. Dan orang orang cenderung senang dan tidak mudah bosan dengan aplikasi tiktok yang memang dikenal sebagai aplikasi hiburan. Jadi tidak ada beban jika belajar melalui tiktok.
Nama : Nabila Nur Fauziyah
NIM : 2100005013
Kelas : 2A – PGSD
Matakuliah : Teknologi Pendidikan
Saya sangat setuju dengan papar artikel diatas. Kita harus melihat tidak hanya dari satu sisi saja, melainkan dari dua sisi. Tiktok memang memberikan dampak negatif tetapi perlu kita ketahuna bahwa Tiktok juga memberikan dampak yang begitu positif pula. Tidak hanya mem-post mengenai iklan atau apa. Di Titkok pula banyak orang yang meng share mengenai konten edukasi ataupun konten islami yang dimana hal tersebut dapat menambah wawasan dalam dunai pembelajaran
Nama : Suci Victoria Anwar Rini
Nim : 2100005021
Kelas : 2A (PGSD)
Saya setuju dikarenakan tik tok bisa dijadikan sebagai alat untuk menyampaikan informasi edukasi terutama kepada anak muda bagaimana cara untuk bisa memilah mana informasi yang sesuai dengan fakta atau informasi yang sekedar mencari sensasi saja
Nama: Anni Sholihatun Nisa’
Nim : 2100005042
Kelas. : 2 A
MK : Teknologi Pendidikan
Saya setuju dengan paparan artikel diatas karena kita tidak bisa memandang hal negatif nya saja tetapi kita juga harus memandang hal positif nya juga. Di tiktok sekarang juga sudah banyak hal hal positif seperti cara tutorial berbagai hal.seperti tutorial make up dan pembelajaran yang bersifat edukasi lainnya yang bisa membuat orang orang trrtarik untuk mnontonnya