Media pembelajaran interaktif merupakan salah satu faktor yang mendukung terciptanya pembelajaran yang variatif, sehingga memudahkan guru dalam menyampaikan berbagai informasi atau materi pelajaran kepada siswanya. Media interaktif biasanya merujuk pada produk atau layanan digital yang menyajikan konten-konten seperti teks, gambar, animasi, video, audio, dan game (Daryanto, 2013).
Salah satu media interaktif yang efektif mendukung kegiatan pembelajaran dan relevan dengan situasi pembelajaran di era ini adalah Nearpod. Nearpod merupakan sebuah e-media berbasis komputer dan web yang memiliki beberapa fleksibilitas yang mendukung pembelajaran, seperti 1) bisa diakses kapan pun dan dimana pun selama terdapat jaringan internet; 2) mendukung pelaksanaan pembelajaran secara interaktif (tele-conference dan virtual); 3) dapat dioperasikan via HP maupun PC; dan 4) dapat dengan mudah diakses secara mandiri oleh siswa (Susanto, 2021).
Nearpod mampu menjawab kebutuhan pembelajaran era digital dengan menyediakan ruang interaksi real-time antara guru dan siswa melalui materi pelajaran interaktif, video interaktif, gamifikasi, dan berbagai aktivitas edukatif lainnya (Nearpod, 2022).
Berhubungan dengan hal tersebut, High Tech Teacher Indonesia akan menghadirkan seorang pakar pembelajaran sebagai instruktur/pemateri dalam sebuah Special Class menarik yang bertajuk “Nearpod sebagai E-Media Efektif untuk Pembelajaran Interaktif“, yang akan diselenggarakan pada:
Pertemuan 1
🗓️ Sabtu, 9 Juli 2022
⏰ 13.00 – 15.00 WIB
Pertemuan 2
🗓️ Senin, 11 Juli 2022
⏰ 19.30 – 21.30 WIB
Pertemuan 2
🗓️ Kamis, 14 Juli 2022
⏰ 19.30 – 21.30 WIB
Fasilitas yang akan didapatkan:
- E-Sertifikat 32 JP
- materi dan modul pembelajaran
- Akses rekaman kegiatan
- sertifikasi Internasional sebagai Nearpod Certified Educator*
- Free Pendampingan untuk mendapatkan Nearpod Certified Educator dari Trainer
- Free Pendampingan belajar dari Trainer dan tim HTTID
- Group Belajar WA
- Diskon khusus untuk Join di Special class berikutnya
- Dokumen administrasi keperluan institusi
- Dokumentasi kegiatan
HTM Peserta Mandiri
- Peserta Umum : Rp 85.000,-
- Peserta Khusus : Rp 55.000,-
Kriteria peserta khusus:
– Alumni Special Class HTT ID
– Member Grub WhatsApp HTT ID
– Peserta Undangan (Komunitas Jaringan Guru yang Dijangkau HTT ID)
– Jaringan Guru-Guru di Wilayah Dinas Pendidikan Mitra HTT ID
HTM Kolektif per Instansi (Silakan hubungi via WhatsApp)
Untuk melakukan pendaftaran, silakan melalui formulir dibawah ini:
Daftarkan diri Anda, SEGERA!
Referensi
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Susanto, Tri Adi. 2021. Pengembangan E-Media Nearpod melalui Model Discovery untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, Vol 5, No 5, pp. 3498-3512, Tahun 2021. p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Nearpod. 2022. However you teach, it’s in Nearpod. Diakses dari https://nearpod.com/ pada 27 Juni 2022
Nama: Salsa Alifia Citra
Nim: 2100005099
setuju dengan tulisan pak lovandri,memang tidak dapat di pungkiri bahwa tik tok pasti ada sisi negatif dan positifnya,namun banyak juga hal yang dapat di ambil manfaatnya dimana penggunanya dapat menyalurkan kreativitasnya dengan membuat video singkat kemudian mengunggahnya. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah pengguna dalam berkarya seperti filter, music, pengubah suara, pengedit video, sticker, dan masih banyak lagi. Jadi itu semua balik ke diri pribadi masing masing,bagaimana cara kita menghadapi perkembangan teknologi tapi dengan cara positif