HTT.ID
  • Home
  • Profile
    • Our Mission
    • Fasilitas
    • Team
  • Jurnal
  • MOOC
  • News
  • Literasi Digital
  • Clients
  • Partnership
    • Our Partner
    • Fasilitator
May 30, 2024 by Atha Difa Saputri

Pendekatan Disiplin Positif: Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan yang Berbasis Kehormatan

Pendekatan Disiplin Positif: Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan yang Berbasis Kehormatan
May 30, 2024 by Atha Difa Saputri
Spread the love

Pendidikan merupakan fondasi utama dalam pembentukan karakter dan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Dalam menghadapi dinamika globalisasi dan perkembangan zaman, perubahan paradigma pendidikan menjadi suatu keharusan untuk memastikan relevansi dan efektivitas proses pembelajaran. Salah satu pendekatan yang sedang ramai dibahas dalam konteks pendidikan adalah Pendekatan Disiplin Positif. Sebelum memahami lebih dalam mengenai konsep ini, penting untuk melihat latar belakang dan konteks di mana pendekatan ini muncul. Latar belakang adopsi Pendekatan Disiplin Positif di Indonesia dipengaruhi oleh Kebijakan Merdeka Belajar yang diperkenalkan oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui suasana belajar yang lebih menyenangkan bagi peserta didik dan pendidik. Seiring dengan itu, perubahan dalam paradigma pendidikan juga menuntut adanya pendekatan yang lebih komprehensif dan ramah anak dalam membentuk pemikiran dan perilaku positif peserta didik. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam tentang Pendekatan Disiplin Positif menjadi sangat relevan dalam konteks pendidikan saat ini.


Pendekatan Disiplin Positif muncul sebagai respons terhadap Kebijakan Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, yang bertujuan untuk memperbaiki arah dan sistem pendidikan di Indonesia. Program Merdeka Belajar menekankan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia dengan menekankan suasana belajar yang menyenangkan bagi peserta didik dan pendidik. Hal ini direspon oleh kondisi pendidikan Indonesia yang memerlukan pendekatan komprehensif dan ramah anak untuk mengembangkan pemikiran dan perilaku positif peserta didik.


Pendekatan Disiplin Positif adalah pendekatan pendidikan yang berfokus pada mendidik dan membina peserta didik untuk membangun pemikiran dan perilaku positif. Tujuannya adalah agar peserta didik mampu mengontrol perilaku mereka sendiri berdasarkan pemahaman dan kesadaran, serta bertanggung jawab atas tindakan dan perilaku mereka. Pendekatan ini bukan hanya tentang penerapan aturan dan hukuman, melainkan juga tentang memotivasi, merefleksikan kesalahan, menghargai, membangun logika, dan bersifat jangka panjang.


Pendekatan Disiplin Positif memiliki empat tujuan utama: menumbuhkan pemikiran dan perilaku positif peserta didik, meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang ramah anak, menurunkan potensi kekerasan dan intoleransi di lingkungan sekolah, serta mengoptimalkan dukungan dari orang tua dan pemangku kepentingan sekolah. Manfaat dari penerapan pendekatan ini termasuk pertumbuhan sikap saling menghormati, kesadaran diri peserta didik, pembentukan sikap bertanggung jawab, peningkatan keterampilan hidup, serta penurunan potensi kekerasan dan perundungan.


Penerapan Pendekatan Disiplin Positif juga mendukung kualitas pembelajaran, kepemimpinan instruksional, iklim keamanan sekolah, dan iklim kebinekaan di sekolah. Pendekatan ini sejalan dengan gagasan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan yang tidak hanya bersifat perintah dan hukuman, serta merupakan respons terhadap masa penjajahan di masa lalu. Meskipun pendekatan ini memberikan kebebasan kepada peserta didik, namun tetap ada pembatasan yang diberlakukan.

Previous articlePembelajaran Berdiferensiasi: Meningkatkan Kesesuaian Pembelajaran dengan Kebutuhan SiswaNext article Mengoptimalkan Edpuzzle dan Asesmen Formatif untuk Kemandirian Belajar Siswa

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG HTT.ID

HTT.ID adalah forum guru/dosen yang berkolaborasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0 sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang Pendidikan agar memajukan Pendidikan di Indonesia

Copyright © 2020

Buat Website Sekolahmu Sekarang !

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Recent Posts

  • MAGANG KEMNAKER BATCH 1 PT INDONESIA CAKAP DIGITAL (HIGH TECH TEACHER INDONESIA)
  • PEMBUKAAN BEASISWA KEMITRAAN INDONESIA (BKI) TAHUN 2025
  • Workshop Artificial Intelligence for Education

Tags

#certiport #sertifikasi AI Artificial Intelligence (AI) Augmented Reality canvaforeducation ClassPoint Digital Digitalisasi dosen Edtech Webinar Guru Guru Inovatif High Tech Teacher Indonesia Indonesia Info Interaktif jurnal Kampus Merdeka kampusmerdeka kurikulum Literasi Magang Mandiri Matematika mce Pembelajaran pemerintah pendidik Pendidikan Pendidikan Indonesia Penelitian perguruan tinggi Popular PPG Quizizz sekolah siswa Teknologi Teknologi Pendidikan Video Pembelajaran Webinar webinar gratis Webinar Online WordPress Workshop

HIGH TECH TEACHER

High Tech Teacher Indonesia merupakan forum bagi guru, dosen, tenaga kependidkan dan calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar serta mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi terkini.

Digitalisasi Sekolah dengan Idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bantuan dan Panduan

  • Join Menjadi Fasilitator
  • Join Menjadi Penulis
  • Term and Condition
  • Privacy and Policy
  • Perangkat Ajar

Coba Gratis Canva PRO 30 Hari

Copyright 2020 © PT Indonesia Cakap Digital

Cari Di sini

Login Form

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

TENTANG KAMI

HTT.ID adalah forum bagi guru, dosen, tenaga kependidikan dan calon guru yang berkolaborasi dengan kemajuan Revolusi Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan keberadaan teknologi pada bidang pendidikan. Harapannya, mampu memberikan sumber belajar terbaik bagi peserta didik digital native agar memajukan pendidikan Indonesia !