HTT.ID
  • Home
  • Profile
    • Our Mission
    • Fasilitas
    • Team
  • Jurnal
  • MOOC
  • News
  • Literasi Digital
  • Clients
  • Partnership
    • Our Partner
    • Fasilitator
April 23, 2024 by Atha Difa Saputri

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Kompetensi Literasi dan Numerasi

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Kompetensi Literasi dan Numerasi
April 23, 2024 by Atha Difa Saputri
Spread the love

Saat ini, sedang ramai pembahasan dan penerapan Rapor Pendidikan dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah di seluruh sekolah. Sorotan utama dari laporan pendidikan adalah Kompetensi Literasi dan Numerasi siswa, yang bersumber dari Asesmen Kompetensi Minimal, Asesmen Nasional Berbasis Komputer, Survey Lingkungan Belajar, dan Data Pokok Pendidikan.


Diskusi tentang kualitas literasi dan numerasi siswa kembali kepada dua hal: proses pembelajaran dan kemampuan literasi serta numerasi guru. Pentingnya untuk mengkaji kembali apakah indikator-indikator kompetensi literasi guru telah dikuasai dengan baik. Artikel ini bertujuan untuk mengingatkan apa yang seharusnya dimiliki dan dilakukan oleh guru untuk mencapai tingkat literasi yang mahir, kategori terbaik dalam literasi. Mengacu pada Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, literasi adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah serta mengembangkan kapasitas individu agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. Sementara itu, Kompetensi Literasi adalah kemampuan guru untuk mendampingi siswa dalam mengakses, menggunakan, menafsirkan, dan mengomunikasikan informasi dan ide melalui berbagai teks sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.


Kompetensi Literasi dikembangkan berdasarkan kriteria kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang diintegrasikan menjadi kategori model kompetensi dengan dimensi pengetahuan profesional, praktik pembelajaran profesional, dan pengembangan profesi.
Dalam dimensi pengetahuan profesional, guru harus mampu mengevaluasi, merumuskan solusi, dan merefleksikan masalah terkait kemampuan membaca dan menulis siswa. Guru juga perlu memahami pentingnya lingkungan belajar literat dalam memengaruhi motivasi membaca dan menulis siswa. Cara untuk mengukur kemampuan guru dalam hal ini adalah dengan menjawab butir indikator yang telah ditetapkan. Di sisi lain, dalam praktiknya, guru yang mahir literasi harus dapat merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengintegrasikan strategi membaca dan menulis secara eksplisit sesuai dengan materi ajar serta melakukan asesmen berkala untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa.


Dalam dimensi pengembangan profesi, guru harus aktif berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan profesi di forum guru atau lembaga profesi serta menunjukkan kegemaran membaca, memiliki kompetensi menulis, dan berbagi praktik baik pembelajaran dan/atau penelitian. Implementasi penuh dari semua ini memerlukan komitmen dan upaya sungguh-sungguh dari semua pihak terkait.

Previous articleTransformasi Menuju Masa Depan dengan Konstruktivisme dan Kurikulum Merdeka BelajarNext article Kuliah jurusan Pendidikan? Ini yang perlu kamu siapkan

1 comment

Teknik Informatika says:
April 30, 2024 at 12:32 am

Bagaimana kriteria kompetensi guru dalam hal literasi dan numerasi ditetapkan dalam penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah? kunjungi Telkom University

Reply

Leave a Reply to Teknik Informatika Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

TENTANG HTT.ID

HTT.ID adalah forum guru/dosen yang berkolaborasi dengan kemajuan revolusi industri 4.0 sehingga mampu memanfaatkan kemajuan teknologi dibidang Pendidikan agar memajukan Pendidikan di Indonesia

Copyright © 2020

Buat Website Sekolahmu Sekarang !

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Recent Posts

  • MAGANG KEMNAKER BATCH 1 PT INDONESIA CAKAP DIGITAL (HIGH TECH TEACHER INDONESIA)
  • PEMBUKAAN BEASISWA KEMITRAAN INDONESIA (BKI) TAHUN 2025
  • Workshop Artificial Intelligence for Education

Tags

#certiport #sertifikasi AI Artificial Intelligence (AI) Augmented Reality canvaforeducation ClassPoint Digital Digitalisasi dosen Edtech Webinar Guru Guru Inovatif High Tech Teacher Indonesia Indonesia Info Interaktif jurnal Kampus Merdeka kampusmerdeka kurikulum Literasi Magang Mandiri Matematika mce Pembelajaran pemerintah pendidik Pendidikan Pendidikan Indonesia Penelitian perguruan tinggi Popular PPG Quizizz sekolah siswa Teknologi Teknologi Pendidikan Video Pembelajaran Webinar webinar gratis Webinar Online WordPress Workshop

HIGH TECH TEACHER

High Tech Teacher Indonesia merupakan forum bagi guru, dosen, tenaga kependidkan dan calon pendidik untuk sharing pengalaman belajar-mengajar serta mengembangkan media pembelajaran menggunakan teknologi terkini.

Digitalisasi Sekolah dengan Idcloudhost

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bantuan dan Panduan

  • Join Menjadi Fasilitator
  • Join Menjadi Penulis
  • Term and Condition
  • Privacy and Policy
  • Perangkat Ajar

Coba Gratis Canva PRO 30 Hari

Copyright 2020 © PT Indonesia Cakap Digital

Cari Di sini

Login Form

  • Log in
  • Entries feed
  • Comments feed
  • WordPress.org

TENTANG KAMI

HTT.ID adalah forum bagi guru, dosen, tenaga kependidikan dan calon guru yang berkolaborasi dengan kemajuan Revolusi Industri 4.0 agar mampu mengoptimalkan keberadaan teknologi pada bidang pendidikan. Harapannya, mampu memberikan sumber belajar terbaik bagi peserta didik digital native agar memajukan pendidikan Indonesia !